SKPD Harus Hemat Anggaran – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

SKPD Harus Hemat Anggaran

KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari, Asrun menginstruksikan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Kota Kendari untuk melakukan efisiensi pengelolaan anggaran. SKPD harus hemat anggaran, munculnya instruksi itu bukan berarti selama ini penggunaan anggaran tidak efisien, melainkan kondisi keuangan daerah sedang dalam kondisi tidak ideal. Apalagi Pemkot Kendari mengalami pemangkasan dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp 33 miliar atau sebesar lima persen dari total Rp 625 miliar untuk tahun 2017. Selain itu, kenaikan tunjangan anggota dan pimpinan DPRD Kota Kendari menjadi penyebab bertambahnya beban keuangan daerah.

Wali Kota Kendari, Asrun meminta agar perangkat birokrasinya memanfaatkan dana minim untuk memaksimalkan program yang tengah berjalan. “Kita menghadapi situasi sulit. DAU kita dipangkas dan ada juga beban keuangan yang bertambah. Mau tidak mau kita harus lakukan efisiensi anggaran. Untuk itu, setiap dinas harus pandai-pandai menggunakan anggaran,” ujar Asrun, kemarin.

Ketua PAN Kota Kendari itu memerintahkan seluruh SKPD di Kota Kendari agar menggunakan anggaran untuk hal yang urgen saja. Meski diminta menghemat anggaran bukan berarti SKPD mengabaikan aspek pelayanan prima kepada masyarakat. Dia menekankan agar pelayanan dan realisasi program harus tetap berjalan dengan baik. “Intinya bagaimana kita bisa memberlakukan skala prioritas. Program yang bisa di tunda, jangan dipaksakan. Begitu pun dengan kegiatan yang tidak fundamental, mungkin bisa dikondisikan,” tegas Asrun.

Asrun mengaku akan merasionalisasi belanja dalam penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P). Untuk beberapa program fisik yang belum dilelang, terpaksa ditunda hingga 2018. “Seperti (proyek) air mancur, mungkin 2018 saja. Kami tidak batalkan, hanya ditunda. Wali Kota berikutnya yang akan teruskan,” imbuhnya. (m1/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top