Mantan Kades Koreha di Kolut Divonis 28 Bulan Penjara – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Hukum & Kriminal

Mantan Kades Koreha di Kolut Divonis 28 Bulan Penjara

KENDARIPOS.CO.ID — Mantan Kepala Desa (Kades) Koreha Kecamatan Ngapa, Kolut Usman Daeng Babila divonis dua tahun empat bulan atau 28 bulan penjara. Vonis yang diberikan hakim pengadilan Tipikor Kendari lebih ringan dari tuntutan jaksa Kejari Kolut yakni empat tahun penjara. Usman didakwa dengan tuduhan kasus proyek fiktif 2009-2013.

Kajari Lasusua Andi Fahruddin, SH melalui Kasi Pidana Khusus (Kasipidsus), Ariefulloh, SH mengatakan vonis hakim terhadap Usman lebih rendal dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU). Selain masa hukuman yang hanya separuh dari tuntutan JPU, Usman diwajibkan mengembalikan uang negara sebesar Rp 204 juta dan denda sebanyak Rp 50 juta. “Saya kurang tahu alasan vonis yang lebih rendah dari tuntutan kami karena itu berdasarkan putusan hakim,” ujar Ariefulloh, SH Jumat 18/8).

Jika Usman tidak mengembalikan uang negara sebesar Rp 204 juta dan denda Rp 50 juta maka masa tahanannya ditambah. Usman tidak bisa mengelak dari bidikan sang jaksa setelah kedok kecurangannya terbongkar dengan cara mengelabui laporan pertanggung jawaban (LPJ) dari proyek pengerjaan yang fiktif di lapangan. Beberapa bukti yang ditemukan yakni pembebasan lahan rumah jabatan kepala desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Termasuk pembuatan duiker (gorong-gorong) dan pengadaan seragam. Selama proses pengusutan oleh pihak Kejari Lasusua, Usman beberapa kali mangkir dari panggilan jaksa dengan alasan sakit hingga dilakukan pengecekan surat keterangan dari pihak rumah sakit (RS) untuk membuktikan kebenarannya. (rus/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top