Kemenag Sultra Pangkas Anggaran Perjalanan Dinas – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Kemenag Sultra Pangkas Anggaran Perjalanan Dinas

KENDARIPOS.CO.ID — Target pendapatan negara kembali tak tercapai tahun ini. Akibatnya pemerintah pusat menginstruksikan kementerian harus menyiasatinya dengan memangkas dana alokasi umum (DAU) terhadap daerah-daerah. Anggaran sejumlah kementerian pun ikut yang dikurangi.

Untuk itu, Kementerian Agama RI melayangkan instruksi tertulis kepada sejumlah kantor wilayah kementerian agama (Kanwil Kemenag) untuk menghemat anggaran belanja, minimal Rp 10 miliar tahun ini. Kanwil Kemenag Sultra tak luput dari instruksi langsung dari Menteri Agama RI, Lukman Hakim Syaifuddin.

Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Abdul Kadir mengatakan upaya penghematan sudah dilakukan melalui berbagai strategi. Mulai dari pengurangan frekuensi perjalanan dinas, memangkas biaya-biaya yang tak substantif, mengurangi kegiatan pertemuan dan kegiatan lainnya yang dianggap tidak terlalu mempengaruhi kinerja secara umum.

“Yang dipangkas hanya satu bidang saja yaitu di Pendis (Pendidikan Islam), yang lainnya biaya operasional. Misalnya perjalanan dinas yang tadinya 10 kali, sekarang tersisa dua kali saja,” ujar Abdul Kadir saat ditemui, Jumat (18/8). Abdul Kadir menegaskan anggaran yang sulit dipangkas untuk penghematan itu adalah anggaran program sinergi dengan pemerintah pusat, misalnya kebutuhan kartu pintar, gaji dan honorarium para pegawai. Soal target saving anggaran itu kata dia tetap diupayakan tercapai. Namun yang lebih penting yakni soal serapan anggaran. “Ini yang paling ditekankan menteri agama bahwa serapan anggaran kita sudah 50,4 persen. Dalam tiga bulan ke depan, progresnya harus 90 persen ke atas,” kata Abdul Kadir.

Masih kata Abdul Kadir, tahun ini Kemenag Sultra mengelola anggaran kurang lebih Rp 60 miliar. Dana itu sudah direalisasikan dalam bentuk program kerja selama delapan bulan. “Sudah lebih dari setengahnya, seperti yang diinstruksikan Insya Allah kita bisa 90 sampai 100 persen sampai akhir tahun,” pungkasnya. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top