Anggota DPRD Kendari Makin Banyak Duit, Asrun : Semoga Kinerja Juga Naik – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Anggota DPRD Kendari Makin Banyak Duit, Asrun : Semoga Kinerja Juga Naik

DR Asrun

KENDARIPOS.CO.ID — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari mulai bulan ini bakal mendapatkan tambahan penghasilan pascatunjangan mereka dinaikkan oleh negara. Kini, sekira Rp 25 jutaan akan masuk ke kantong para legislator untuk setiap bulannya, dari sebelumnya yang hanya Rp 15 jutaan. Itu merupakan konsekuensi keluarnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keungan dan Administrasi pimpinan dan anggota dewan.

Asrun, Wali Kota Kendari pun tidak mempersoalkan hal itu. Hanya saja, dirinya berharap kenaikkan tunjangan dewan dapat memantik semangat kerja para legislator tersebut. Baginya, kenaikkan tunjangan sudah merupakan amanah pemerintah yang harus ditindak lanjuti oleh daerah. “Itu kan kebijakan pusat, kita harus jalankan. Yang jelas harapannya, dengan begitu, dewan bisa bekerja dengan lebih produktif lagi,” ujarnya, Jumat (18/8).

Hanya saja, salah satu Wali Kota terbaik nasional itu, masih akan mengkaji kemampuan keuangan daerah sebelum memutuskan berapa kenaikkan itu harus diberikan. Dirinya sejauh ini, belum menerima salinan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 62 Tahun 2017 terkait penggolongan kemampuan keuangan daerah (KKD), penjabaran PP 18 2017 sebelumnya.

Sebagaimana ketentuannya, kenaikkan tunjangan dewan memang akan disesuaikan dengan KKD. Dalam hal ini, merujuk pada PP 18 2017, KKD dibagi tiga golongan yakni tinggi, sedang dan rendah. Untuk KKD tinggi, perkaliannya tujuh, jika KKD sedang, perkalianya lima dan jika KKD rendah maka akan dikalikan tiga. “Kita masih akan kaji kemampuan daerah. Peraturan Daerahnya kan sudah ada, tinggal nanti kita buatkan Peraturan Wali Kotanya (Perwali) yang akan mengatur besaran kenaikkannya,” kata Ketua PAN Kota Kendari itu.

Kenaikkan tunjangan dewan bisa jadi merupakan berkah bagi para pewakil rakyat itu. Namun disisi lain, Pemerintah Kota Kendari dipastikan akan merogoh kocek lebih dalam lagi. Jika sebelumnya Pemkot menganggarkan sekira Rp 27 miliar dalam setahun, kini naik menjadi sekira Rp 33 miliar, atau bertambah enam miliar, hanya untuk membiayai kinerja wakil rakyat Kota Kendari.

1 of 2

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top