UKW Tuntas, 20 Wartawan Dinyatakan Kompeten – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

UKW Tuntas, 20 Wartawan Dinyatakan Kompeten

Walikota Kendari, DR Asrun bersama perserta UKW

KENDARIPOS.CO.ID — Uji Kompetensi Wartawan tuntas digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tenggara (Sultra). Sebanyak 22 wartawan dari media cetak, eletronik dan online di Sultra ikut dalam uji kompetensi yang berlangsung 15 hingga 16 Agustus. Hasilnya, persentasi kelulusan peserta memuaskan, dimana 20 dinyatakan lulus atau kompeten, dan dua orang dinyatakan belum kompeten.

Wali Kota Kendari, Asrun yang menghadiri penutupan UKW itu mengaku berterima kasih kepada wartawan atas kerja sama yang terbangun selama ini. Menurutnya, andil wartawan dalam menciptakan iklim pembangunan yang kondusif sangat besar. “Wartawan itu adalah mitra pemerintah. Sebagaimana kita ketahui, pers merupakan pilar demokrasi. Peran wartawan sangat membantu kerja pemerintah terutama dalam pemberitaan yang positif,” ujar Asrun yang didapuk menutup UKW tersebut, Rabu (16/8).

Wali Kota Kendari dua periode itu menilai profesionalisme wartawan harus terus ditingkatkan. Paradigma berita buruk adalah berita baik (bad news is good news) dalam dunia jurnalistik harus ditinggalkan. “Saat ini perlu prinsip good news is the best news. Capaian prestasi pemerintah harus mendapat porsi pemberitaan yang besar untuk memantik optimisme masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Sultra, Sarjono menyampaikan apresiasinya kepada Wali Kota Kendari, Asrun atas kehadirannya dalam penutupan UKW. Baginya, kemitraan insan pers dan pemerintah harus terus ditingkatkan. “PWI layak berbangga saat ini. Ini menegaskan bahwa Wali Kota Kendari, Asrun sangat memahami pentingnya menjalin sinergi bersama insan pers dalam membangun Kota Kendari,” ujar Sarjono.

UKW digelar untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi wartawan ditengah semakin kompleksnya tantangan dunia jurnalistik. Menurutnya, banyak berita hoax dan media gadungan menjadi permasalahan serius yang harus dihadapi PWI. “Wartawan saat ini dituntut semakin profesional dan berintegritas tinggi. Untuk itu, UKW ini merupakan wujud komitmen PWI dalam mendorong profesionalisme wartawan,” tambah Sarjono.

Tak lupa pula, Sarjono memberi motivasi bagi mereka yang belum dinyatakan lulus uji kompetensi. Masih ada waktu untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan jurnalistik. Tidak ada kata terlambat untuk menempa diri. “Dalam ujian ada yang beruntung dan tidak beruntung. Tidak lulus saat ini, berarti kesempatan berikutnya masih ada harapan. Komitmen kita adalah mengangkat harkat dan martabat wartawan dan PWI itu sendiri,” tutupnya.

Ketua Komite Kompetensi Wartawan PWI Pusat, Kamsul Hasan mengatakan dari 22 peserta yang ikut UKW, 20 orang dinyatakan kompeten. “Bagi yang tidak kompeten bisa mengukuti UKW setelah enam bulan. Dewan pers dapat mencabut kartu dan sertifikat UKW bagi wartawan yang terbukti plagiat dan memeras karena itu termasuk pelaggaran berat,” ujar Kamsul. (m1/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top