Pelantikan Bupati Buton Diundur, Bombana Berproses, Kolut 22 Agustus – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Pelantikan Bupati Buton Diundur, Bombana Berproses, Kolut 22 Agustus

KENDARIPOS.CO.ID — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, telah menetapkan jadwal pelantikan bupati terpilih Kabupaten Buton dan Bombana. Untuk pelantikan Bupati Buton akan dilakukan 24 Agustus 2017. Seremoni ini bergeser dari rencana sebelumnya yang akan dilaksanakan 18 Agustus. Sedangkan untuk Kabupaten Kolaka Utara sendiri akan dilakukan 22 Agustus 2017 mengikuti jadwal pelantikan serentak tahap kedua yang ditetapkan pemerintah.

Sementara untuk jadwal pelantikan Bupati Bombana belum mendapatkan kejelasan. Kepala Biro Pemerintahan Pemerintah Sultra Ali Akbar mengatakan, Surat Keputusan (SK) kepala daerah terpilih telah dikeluarkan oleh pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Sudah ada SK-nya. Perintah untuk melakukan pelantikan dari Mendagri,” kata Ali Akbar saat ditemui wartawan Kendari Pos di kantor Kemendagri, Selasa (15/8).

“Kolaka Utara tetap ikut jadwal pelantikan serentak. Pelantikan Bupati Buton harus diundur karena ada prosedur izin di KPK dan tidak mungkin untuk diserentakan maka pelantikan diadakan 24 Agustus 2017, pukul 14.00 WIB,” sambung dia.

Sementara untuk pelantikan Bupati Bombana sendiri, Mantan Pj Bupati Buton Tengah ini mengaku belum mendapatkan informasi resmi. “Saya belum dapat kabar dari pihak Kemendagri. Proses pelantikan Bupati Bombana sendiri pun kini tinggal menunggu SK pelantikan yang tengah berproses di Kemendagri. Pastinya SK pelantikan saya tidak tahu kapan bisa dikeluarkan,” ujarnya.

Terpisah, Mendagri, Tjahjo Kumolo membenarkan bahwa pelantikan kepala daerah terpilih di Sultra telah dijadwalkan. “Untuk Bupati Buton sudah kita tetapkan tanggal 24 Agustus. Kita juga sudah siapkan tempat di Kemendagri untuk proses pelantikannya,” kata Tjahjo. Politisi PDI Perjuangan ini pun mengungkapkan telah memerintahkan kepada Gubernur Sultra untuk melakukan persiapan pelantikan. “Soal izin sudah kita proses di KPK, agar yang bersangkutan bisa diberikan izin keluar dari Rumah Tahanan (Rutan) untuk mengikuti proses pelantikan. Insya allah sudah tidak ada kendala lagi untuk pelantikan Buton,” tuturnya. “Untuk Bombana saya belum dapat informasinya. Kalau teknisnya silahkan tanya ke bagian Otonomi Daerah (Otda) saja,” imbuhnya.

1 of 2

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top