Jamaah Haji Kota Kendari Mulai Tawaf dan Sai, Kloter 22 Berangkat Kamis – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
HEADLINE NEWS

Jamaah Haji Kota Kendari Mulai Tawaf dan Sai, Kloter 22 Berangkat Kamis

KENDARIPOS.CO.ID — Jamaah calon haji (JCH) asal Sultra sudah tiba di Makkah sejak 14 Agustus. Mereka tinggal di Hotel Al-Wehad 1, Maktab 5 Rumah 906 daerah Jarwal atau sekira 2 kilometer dari Masjidil Haram. Mereka sudah menuntaskan rangkaian ibadah umroh sejak Senin lalu. Kini mereka sudah berada di Masjidil Haram dan menjalani rangkaian ibadah tawaf dan Sai. Berangkat dari Jarwal pukul 2.30 waktu setempat (pukul 08.00 wita waktu Indonesia), jamaah bergerak menuju Masjidil Haram untuk mengikuti salat subuh berjamaah di masjid termegah di dunia itu. Selanjutnya mereka menjalani ibadah Tawaf dan Sai.

Ketua kloter 19 Ujung Pandang, Samsuri mengatakan kondisi cuaca yang cukup terik yakni 40 sampai 45 derajat menjadi tantangan berat bagi jamaah. Sebab mereka harus melakukan tawaf keliling Ka’bah sebanyak tujuh putaran. Tawaf itu menjadi syarat untuk melanjutkam Sa’i di antara dua bukit Safa dan Marwah. Saat mengelilingi Ka’bah itu kata dia, jamaah harus berjalan diantara jutaan orang yang juga melakukan tawaf. Selain harus berjalan cepat, jamaah juga berdesak-desakan untuk mencium Hajar Aswad. Sehingga jamaah dituntut untuk mengatur nafas agar tak terlalu kelelahan.

“Saat ini kami mulai mempersiapkan pengumpulan DAM Nusuk (ketentuan). Jamaah kita memilih melaksanakan ibadah haji dengan cara Tamattu (ibadah umroh lebih dahulu baru melaksanakan haji),” jelasnya saat dihubungi kemarin.

Untuk kloter 20 sudah tiba di Jeddah pukul 16.15 sore kemarin waktu setempat. Mereka langsung melaksanakan salat berjamaah di mushala bandara King Abdul Aziz. Kemudian masuk di ruang imigrasi untuk menjalani pemeriksaan dokumen dan penimbangan koper haji yang maksimal 35 kg itu. Selanjutnya koper diangkut terpisah dengan jamaah menuju Makkah. Koper jamaah sudah bisa diambil di pemondokan yang sudah disiapkan oleh PPH. Sejauh ini jamaah kloter 20 juga dalam kondisi sehat. Mereka sedang menjalani prosesi umrah di Masjidl Haram.

Sementara itu jamaah haji klotet 21 kini sudah berada di Asrama Haji Sudiang Makassar. Mereka akan diberangkatkan pukul 03.55 dini hari (16/8). Mereka adalah jamaah asal Muna, Bombana Kolut Wakatobi dan Butur yang berjumlah 455 orang. 17 Agustus besok, jamaah kloter 22 akan diberangkat pula ke Jedaah. Itu adalah penerbangan terakhir bagi jamaah asal Sultra. (ely)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top