ADD Tidak Cair, Aparat Desa di Kolaka Sudah Lima Bulan Belum Terima Insentif – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Kolaka

ADD Tidak Cair, Aparat Desa di Kolaka Sudah Lima Bulan Belum Terima Insentif

KENDARIPOS.CO.ID — Kelola duit ratusan juta rupiah, tapi kebutuhan keluarga sendiri sulit dipenuhi. Itulah ironi yang kini melanda ratusan aparat desa di Kabupaten Kolaka. Sejak April lalu, hingga kini, mereka belum bisa menerima insentif, atau honorarium sebagai penyelenggara pemerintahan di tingkat desa. Pemkab beralasan, ada masalah administrasi yang jadi kendala cairnya Anggaran Dana Desa (ADD) di daerah itu.

Padahal, dari ADD inilah, sebagian besar digunakan untuk membayar honor-honor aparat desa. Seharunya, jika merunut jadwal saat ini sudah masuk pencairan tahap II. “Sudah lima bulan kami tidak pernah terima intensif gara-gara ADD Tahap II ini belum cair. Padahal semua persyaratan seperti laporan pertangungjawaban (LPj) penggunaan ADD tahap sebelumnya telah kami selesaikan,” kesal salah seorang aparat desa yang namanya enggan dikorankan.

Aparat yang bertugas di salah satu kantor desa yang ada di Kecamatan Wundulako tersebut berharap agar Pemkab Kolaka segera menyelesaikan persoalan tersebut. Apalagi kata dia, ADD merupakan program prioritas Bupati Kolaka saat ini. “Kami berharap ADD segera dicairkan dan jangan persulit kami untuk proses pencairannya. Sebab kami juga butuh ADD itu untuk makan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Kolaka, Abdullah Badi mengakui bahwa ADD Tahap II belum dicairkan. Alasannya, sejumlah desa belum menyetor persyaratan untuk pencairan ADD. “Kami akan cairkan ADD hanya untuk desa yang sudah memenuhi persyaratan seperti telah menyetor LPjnya. Sebab kalau desa belum menyetor LPj lalu kami cairkan, maka bisa-bisa kami nanti yang akan bermasalah dengan hukum,” ujarnya.

Meskipun ada desa yang belum memenuhi persyaratan, namun Abdullah juga mengaku bahwa ada juga desa yang telah memenuhi syarat untuk pencairan ADD. Hanya saja, ia tidak mengetahui persis penyebab sehingga ADD Tahap II belum dicairkan. “Kami tidak tahu persis kenapa belum dicairkan. Untuk lebih jelasnya, silahkan tanyakan ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset,” ujarnya. (fad)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top