SMA di Kota Kendari Terapkan Full Day School, Daerah Lain “Angkat Tangan” – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Edukasi

SMA di Kota Kendari Terapkan Full Day School, Daerah Lain “Angkat Tangan”

Damsid, Kepala Dinas Dikbud Provinsi Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy untuk menerapkan sistem lima hari sekolah atau full day school belum direspons positif secara menyeluruh di tingkat daerah. Pertimbangan sarana dan prasarana yang belum memadai menjadi alasan pihak sekolah belum siap menerapkan sistem belajar baru itu. Di Sultra, baru Kota Kendari yang menerapkan sistem full day tersebut. Sebagian daerah “angkat tangan” dengan kebijakan Mendikbud tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Damsid mengatakan sejauh ini mayoritas SMA di Kota Kendari menerapkan sekolah lima hari. Hanya dua sekolah yang belum siap. “Baru satu bulan diterapkan di SMA di Kota Kendari. Kabupaten lain sama sekali belum siap,” ujar Damsid, Senin (14/8).

Dalam waktu dekat Dikbud Sultra akan menggelar rapat evaluasi bersama dengan pihak sekolah di Sultra. Hal itu dilakukan untuk mendengar kendala-kendala teknis yang dilalui sekolah dan mencari solusinya. “Kita belum tahu apa dampak positif dan negatif, nanti kita evaluasi dulu. Ini kan baru satu bulan, jelas belum terlalu efektif,” kata Damsid.

Bila di Kota Kendari sukses dengan sistem full day itu maka kabupaten dan kota lainnya di Sultra dimungkinkan untuk ikut mencoba menerapkannya. Hanya saja, itu akan dikembalikan lagi ke pihak sekolah masing-masing. Sebab untuk di kampung-kampung ini akan terlihat sulit. “Banyak faktornya ya. Soal semangat belajar siswa, transportasi, makan minum di sekolah. Ini semua yang menjadi pembeda dengan suasana sekolah dalam kota,” tambah Damsid.

Masih kata Damsid, untungnya penerapan kebijakan itu tidak diwajibkan serentak secara nasional sehingga sekolah bisa melakukan pembenahan lebih dulu. “Menurut saya bukan hanya kita ya yang belum siap, sekolah di daerah lain pun begitu,” tandasnya. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top