Kembangkan SDM, 528 Mahasiswa UMK Kuliah Kerja Amaliah di Koltim – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

Kembangkan SDM, 528 Mahasiswa UMK Kuliah Kerja Amaliah di Koltim

Peserta KKA-UMK saat diterima pihak Pemkab Koltim. Foto : Humas UMK for Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) kembali melaksanakan Kuliah Kerja Amaliah (KKA). Tahun ini, KKA dipusatkan di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), terintegrasi semua jurusan. Praktik lapangan ini bertujuan agar Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah tersebut bisa berkembang.

“Mahasiswa harus ikut KKA sebelum menyelesaikan studi di UMK. Mata kuliah itu adalah pengabdian langsung kepada masyarakat. Mereka tinggal 45 hari di lapangan bersama pemerintah desa dan masyarakat. Kedatangan mahasiswa semester akhir ini, mengidentifikasi permasalahan dan perkembangan, hasilnya akan dilaporkan dalam bentuk tulisan sehingga UMK bisa memberikan masukan kepada Pemkab Koltim, atas dasar laporan tersebut,” terang Wakil Rektor I UMK, Yamin, Senin (14/8/2017).

Lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) UMK mencatat, ada 528 peserta KKA yang ditempatkan di Koltim. “Koltim sebagai daerah otonomi baru, tentu memiliki banyak permasalahan pembangunan, maka UMK mengambil peran dalam membantu SDM di daerah yang dipimpin Tony Herbiansyah tersebut,” papar alumni Fakultas Farmasi UGM itu.

Saat ini, lanjut dia, kontribusi kampus swasta dalam pembangunan di daerah pemekaran terus digenjot. Nah, UMK pun berupaya mendukung program pemerintah sebagai wujud tanggung jawab moral kampus. Keterlibatan itu tertuang di kurikulum dan telah menjadi visi dan misi UMK.
Ketua Panitia KKA Periode 2017, Hartati menambahkan, lokasi praktik lapangan di Koltim terbagi dalam empat kecamatan, yakni Ladongi, Aera, Loea dan Poli-Polia dan 33 desa. Pembagian itu, setiap desa diisi 16 orang (keterwakilan semua jurusan). Lebih jauh dia menjelaskan, sebelumnya KKA ini pernah dilaksanakan di Kabupaten Konawe Selatan, Konawe, Konawe Utara dan Kendari. “Alhamdulillah pemerintah daerah yang menjadi lokasi KKA sangat memberikan apresiasi,” tutupnya. (kus/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top