JCH Kendari Mulai Ikuti Prosesi Haji, Ketua DPRD Sultra Pimpin Kloter 20 – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Sulawesi Tenggara

JCH Kendari Mulai Ikuti Prosesi Haji, Ketua DPRD Sultra Pimpin Kloter 20

Calon Jamaah Haji Kota Kendari, Sultra sebelum berangkat ke Tanah Suci. Foto : Elyn/Kendari Pos.

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah melewati waktu kurang lebih 11 jam di atas pesawat, 450 jamaah calon haji (JCH) asal Kota Kendari, tepatnya kloter 19 akhirnya tiba di Bandara King Abdul Azin Jeddah Saudi Arabia. Mereka mendarat sekira pukul 18.15 waktu setempat tadi malam atau pukul 02.00 wita kemarin, waktu Kendari. Para jamaah langsung menjalani pemeriksaan barang bawaan dari pihak imigrasi Arab Saudi dan pengumpulan paspor.

Pemeriksaan tuntas, mereka beristirahat sejenak lalu melanjutkan perjalanan ke Makkah dan tiba pada pukul 01.30 WAS atau 07.30 wita waktu Kendari. Di sana jamaah melakukan beberapa ibadah sunnah. Mulai pukul 07.30 pagi waktu setempat, jamaah melakukan tawaf qudum atau tawaf selamat datang di Makkah. Mereka sudah menggunakan kain ihram (dua helai kain tanpa jahitan).

Ketua Kloter 19, Samsuri melaporkan, saat ini seluruh JCH yang tergabung dalam kloter 19 dalam kondisi bugar pasca melewati perjalan panjang. “Alhamdulilah semua sehat. Meskipun lelah karena habis jalan jauh tapi dengan izin Allah mereka masih kuat untuk menjalani tahapan selanjutnya,” kata Samsuri dalam pesan massengernya, kemarin.

Kata dia, kloter 19 menginap di wilayah Jarwal. Jaraknya 2,7 kilometer dari Masjidil Haram atau hanya 10 menit naik bis salawat. Hanya saja, jamaah perlu berhati-hati dengan kondisi cuaca yang sangat panas. Untuk ukuran suhu tubuh orang Indonesia, suhu Arab yang mencapai 40 derajat celsius sangatlah menyengat. Karenanya, jamaah dianjurkan agar terus mengkonsumai air putih agar tak dehidrasi berat.

Menaggapi kondisi tersebut, selain meminta jamaah menjaga kesehatan, Kepala Kanwil Agama Sultra Abdul Kadir juga menghimbau keluarga jamaah yang ada di Sultra untuk tetap mendoakan kerabatnya yang tengah menjalani prosesi haji. “Di Makkah sekarang ada 4 juta orang yang ikut haji. Jelas berdesak-desakan, membutuhkan tenaga ekstra untuk berjalan dari sana kemari dalam kondisi panas. Saya mengajak semuanya mendoakan mereka agar kembali dengan selamat dan berkumpul bersama kita,” ungkapnya tadi malam.

Sementara itu, kloter 20 juga sudah bertolak menuju Jeddah dari Embarkasi Makasar pada pukul 22.30 tadi malam. Mereka dijadwalkan tiba pukul 16.00 waktu Arab Saudi. Mereka akan diinapkan di wilayah Mahbas Jin. Menurut informasi panitia, wilayah itu adalah salah satu favorit bagi jamaah Indonesia. Sebab meskipun letaknya lumayan jauh dari Masjidil Haram yakni sekira 4 kilometer namun cuacanya lebih teduh dibanding lokasi lain. Ada banyak pepohonan disana, sehingga udara lebih segar.

Untuk diketahui, sebelum meninggalkan Asrama Haji Sudiang Makassar, jamaah kloter 20 mengikuti serangkaian kegiatan mulai dari pembagian gelang identitas, pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan imigrasi dan pembagian nomor bagasi. Mereka juga menjalani simulasi beberapa tahapan haji agar pembekalan yang didapatkan selama manasik semakin mantap.

Kloter 20 adalah gabungan dari jamaah asal Kendari, Konawe, Konkep, Konut, Buteng dan Mubar yang keseluruhan jumlahnya sebanyak 450 plus 5 orang pendamping. Salah satu pendampingnya atau pemimpinnya adalah Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Saleh. Politisi yang baru saja diamanahi memimpin PAN Sultra itu tampak aktif berbincang dengan jamaah saat berada di Asrama Haji. (b/ely)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top