Calhaj Muna dan Butur Diberangkatkan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Sulawesi Tenggara

Calhaj Muna dan Butur Diberangkatkan

MUHAMMAD ERY-HADRIAN/KENDARI POS
Suasana pelepasan jamaah calon haji dari dua daerah yakni di Muna (atas) dan Buton Utara (bawah). Jamaah dari Muna, diterbangkan senin(14/8) ke Makassar, sedangkan Butur masih menunggu satu malam di Kendari. Nanti besok baru menuju embarkasi Makassar

KENDARIPOS.CO.ID — Calon haji dari Kabupaten Muna dan Buton Utara, menjadi jamaah terakhir dari Sultra yang diberangkatkan ke tanah suci. Bila saat ini jamaah dari Kota Kendari, dan Baubau sudah berada di Arab Saudi, maka tamu Allah dari dua daerah itu malah baru meninggalkan daerah mereka, untuk selanjutnya diterbangkan ke Makassar. Seremoni pelepasan pun baru dilakukan senin(14/8).

Di Muna, pelepasan 68 calon haji itu dipusatkan di masjid Al Munajat By Pass Kota Raha, dipimpin Wakil Bupati, Malik Ditu. Keluarga jamaah calon haji (JCH) asal Muna berbondong-bondong memadati tempat acara yang digelar pukul 09.00 Wita itu. Rasa bahagia terus terpancar diraut wajah mereka. Sayangnya, saat pelepasan, ada 12 orang jamaah calon haji tak sempat hadir.

Wakil Bupati Muna, Abdul Malik Ditu berharap agar jamaah setiap melakukan kegiatan di Makkah, diawali dengan niat. Sebab, tanpa niat, selalu ada saja halangan dihadapi. Selain mendoakan diri sendiri, pasangan LM Rusman Emba juga ini meminta agar jamaah mendoakan daerah Muna.

“Kita berdoa agar di Rahmati Allah SWT termasuk pemerintah di Muna. Apalagi, kita ini multikultural. Perbedaan jangan jadikan permusuhan. Ketua kelompok masing-masing juga tetap mengontrol kelompoknya. Semoga jamaah haji menjadi haji mabrur dan pulang dengan keadaan sehat pula,” pesan Abdul Malik Ditu, Senin (14/8).

Kepala Kantor Kementerian Agama Muna, La Maidu mengapresiasi dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna. Sehingga, rangkaian kegiatan pelepasan para tamu Allah berjalan dengan baik. Kemudian, ia menghimbau pada jamaah untuk tetap menjaga kesehatan tubuh.

Sementara itu, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, Yusuf Panay selaku panitia jamaah haji mengaku, kuota haji di Muna selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Tahun 2017 ini, ia merinci dari 68 orang yang berangkat terdiri dari 26 Laki-laki dan 42 orang perempuan. Dengan persebarannya di 12 kecamatan yakni 32 orang dari Katobu, 8 orang dari Parigi, 7 orang dari Towea, Duruka sebanyak 6 orang, Kabangka 4 orang, Batalaiworu 3 orang. “Tongkuno 2 orang. Sementara, Napabalano, Lasalepa, Kabawo, Latawe dan Watopute masing-masing 1 jamaah,” bebernya.

Usai dilepas, jamaah kemudian menuju Bandara Sugimanuru. Mereka terbang pukul 14.00 Wita menuju asrama haji Sudiang, Makassar menggunakan maskapai Wings Air. Jamaah asal Muna masuk dalam kelompok terbang (kloter) 21 dan berangkat ke Arab Saudi pada Rabu 16 Agustus pukul 15.55 Wita. Sementara, pulang dan tiba di Makassar dijadwalkan Selasa, 26 September pukul 01.55 dinihari. Sementara itu, jamaah calon haji dari dari Buton Utara yang berjumlah 9 orang juga resmi dilepas oleh pemerintah setempat. Mereka kemudian bertolak ke Kendari, untuk selanjutnya diterbangkan ke Makassar, hari ini. Bupati Butur, Abu Hasan melepas langsung  umat muslim yang menunaikan rukum Islam kelima itu yang dijadwalkan baru akan berangkat ke Arab Saudi, 17 Agustus 2017 mendatang.

Acara pelepasan yang diselenggarakan dihadiri sanak keluarga diwarnai isak tangis di Masjid At Taufik, senin(14/8). Bupati Butur,  Abu Hasan  berpesan kepada para jamaah tertib ibadah, jaga kesehatan selama  di perjalanan. “Silahkan bapak dan ibu persiapkan bekal sebaik-baiknya, baik fisik, psikis, pengetahuan seputar ibadah haji, keuangan dan sebagainya,” pesan Abu Hasan saat melepas sembilan CJH.(had/ery)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top