Parah! Fasilitas Jemaah Haji Kembali Bermasalah – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Nasional

Parah! Fasilitas Jemaah Haji Kembali Bermasalah

KENDARIPOS.CO.ID — Satu persatu muncul pengaduan penyelenggaraan ibadah haji yang buruk, khususnya pelayanan haji di wilayah Madinah. Kementerian Agama (Kemenag) berdalih seluruh keluhan sudah tertangani. Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Sodik Mudjahid, mengatakan, setidaknya ada tiga jenis pengaduan pelayanan haji yang dia terima. Laporan paling banyak terkait kondisi hotel. “Ada jemaah yang tercecer dari kloternya. Kemudian juga terpisah dengan kopernya,’’ katanya di Jakarta, Minggu (13/8/2017).

Celakanya ada jemaah yang tercecer cukup jauh, sehingga membutuhkan waktu sampai bisa mendapatkan kopernya lagi. Selain itu saat bersiap menuju Makkah, jemaah yang tercecer tidak dibantu oleh petugas. Mereka berjalan sendiri menuju titik kumpul yang telah ditetapkan.

Pengaduan yang tidak kalah banyak terkait layanan lift. Sodik mengatakan, jemaah haji berada di Madinah sekitar delapan sampai sepuluh hari. Terdapat hotel yang lift-nya baru bisa digunakan pada hari ketujuh atau kedelapan. Jemaah turun dan naik hingga ada yang sampai lantai tujuh selama berada di Madinah.

Menurut Sodik, kasus lift yang rusak sangat merugikan jemaah. Banyak jemaah, khususnya yang manula, memilih berada di dalam kamar ketimbang harus turun dan naik untuk arbain. Ini jelas merugikan, karena tujuan utama jemaah berada di Madinah adalah untuk melakukan ibadah arbain atau solat 40 kali dalam sehari.

Terkait dengan kondisi lift yang kerap rusak, dia berharap ada perbaikan untuk jemaah haji gelombang kedua.

1 of 2

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top