Kredit Macet Meningkat, Perbankan di Sultra Diminta Waspada – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Ekonomi & Bisnis

Kredit Macet Meningkat, Perbankan di Sultra Diminta Waspada

Widodo

KENDARIPOS.CO.ID — Meningkatnya level non performing loan (NPL) atau lebih dikenal dengan kredit macet, harus diwaspadai pihak perbankan Sultra. Meski rata-rata NPL perbankan di Bumi Anoa masih di bawah 3 persen, namun industri jasa keuangan ini diminta lebih hati-hati. Bank umum dinilai masih mampu menjadi tameng dengan NPL proporsional, namun 50 persen bank perkreditan rakyat (BPR) justru tingkat NPL-nya sudah di atas 5 persen.

Untuk itulah Kepala OJK Sultra, Widodo, mengimbau pihak perbankan supaya menormalkan situasi yang terjadi dengan berbagai upaya karena jika dibiarkan maka akan menyebabkan perputaran kas perusahaan perbankan jadi terhambat, selain persediaan kas yang ikut menurun seiring naiknya jumlah nasabah yang mengalami kredit macet. “Lebih jauh kesejahteraan pegawai ikut terganggu karena laba perusahaan ikut turun jika kredit macet tidak segera diatasi,” tukasnya.

Secara nasional, sambung Widodo, level kredit bermasalah sudah mencapai kisaran 3,06 persen sedangkan ambang batas NPL adalah 5 persen. Adapun OJK telah melakukan pengawasan intensif. Jika ada bank dengan nilai NPL sampai di atas 5 persen, akan dilakukan aksi khusus untuk penyelesaiannya atau bisa juga bank sendiri yang melakukan tindakan khusus bagi yang menangani debitur. “Bank harus lebih hati-hati. Jangan memaksakan untuk membiayai debitur yang tidak diketahui pasti profil dan prospeknya, karena itu akan meningkatkan risiko,” pesannya.

Ia pun menjelaskan, NPL timbul saat nasabah tidak sanggup lagi membayar kewajibannya pada bank, baik karena rendahnya kemampuan bank dalam menganalisa permohonan kredit bahkan lemahnya sistem informasi pun bisa memicu. Sedangkan dari sisi deibitur, kurangnya pengalaman dalam mengelola kredit bisa jadi sumber risiko. Untuk itu, harus ada pengetahuan yang cukup dalam menjalankan usaha dengan kredit produktif. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top