Jangan Malas Jalan Kaki Agar Rasakan Manfaatnya – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Kesehatan

Jangan Malas Jalan Kaki Agar Rasakan Manfaatnya

KENDARIPOS.CO.ID — Tahukah Anda bahwa orang Indonesia ternyata paling malas berjalan kaki. Sebuah penelitian dari Stanford University telah membuktikan hal tersebut. Faktanya, Indonesia menempati posisi terbuncit dengan catatan 3.513 langkah per harinya. Sementara, orang di Hong Kong menempati urutan teratas dalam daftar penduduk paling rajin berjalan kaki. Rata-rata orang Hong Kong berjalan kaki yaitu sebanyak 6.880 langkah setiap hari.

Terlepas dari hasil survei tersebut, ternyata kegiatan berjalan kaki menyimpan banyak manfaat untuk tubuh. Seperti yang dikutip dari lama Klikdokter.com, berikut manfaatkan jalan kaki.

Meningkatkan kekebalan tubuh.
Berjalan kaki dapat melindungi tubuh selama musim hujan dan flu. Sebuah penelitian terhadap lebih dari 1.000 pria dan wanita menemukan, orang yang berjalan kaki setidaknya 20 menit sehari selama 5 hari dalam seminggu lebih jarang jarang sakit.

Mengurangi risiko kanker.
Berjalan kaki juga memberi perlindungan untuk wanita dari risiko kanker payudara. Sebuah studi di American Cancer Society menemukan bahwa, wanita yang berjalan kaki 7 jam per minggu memiliki risiko kanker payudara 14 persen lebih rendah dari wanita yang berjalan 3 jam per minggu.

Mengurangi demensia.
Orang tua yang berjalan sejauh 11 km per minggu, cenderung terhindar dari penyusutan otak. Berjalan kaki juga dapat meningkatkan daya ingat.

Mengurangi konsumsi makanan manis.
Studi dari University of Exeter menemukan bahwa, berjalan kaki selama 15 menit dapat mengurangi keinginan untuk mengonsumsi cokelat. Penelitian terbaru juga menegaskan bahwa berjalan kaki bisa mengurangi nafsu makan dan mengurangi keinginan makan aneka makanan manis.

Mengurangi nyeri sendi.
Beberapa penelitian menemukan bahwa berjalan kaki dapat mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan arthritis. Selain itu juga dapat melindungi sendi, terutama lutut dan pinggul yang paling rentan terhadap osteoarthritis. Berjalan kaki juga membantu untuk melumasi sendi dan membentuk otot.

Jadi, itulah beberapa manfaat dari jalan kaki yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Nah, mulai hari ini, biasakanlah untuk berjalan kaki, setidaknya 20 menit sehari, selama 5 hari dalam seminggu. (ba/rvs)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top