Butuh 100 Dokter Umum, Kadis Dinkes Sultra : Sampai Sekarang Sepi Peminat – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Sulawesi Tenggara

Butuh 100 Dokter Umum, Kadis Dinkes Sultra : Sampai Sekarang Sepi Peminat

Asrum Tombili

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kesehatan Provinsi Sultra telah membuka kesempatan bagi tenaga kesehatan khususnya dokter umum untuk berkarir. Tahun ini, Dinkes siap menerima 100 dokter untuk ditempatkan di berbagai daerah di Sultra. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Sultra, dr. Asrum Tombili.

“Tahun ini kita siap terima 100 dokter, hanya saja sampai sekrang sepi peminat,” ujarnya saat dihubungi Kendari Pos, Minggu (13/8/2017). Asrum tak menyebutkan jumlah nama peminat yang sudah masuk. Sebanyak 100 kuota itu kata dia atas permintaan kabupaten yang kekurangan dokter. Contohnya Kabupaten Konawe Kepulaian yang butuh 20 dokter.

“Yang pasti daerah otonomi baru (DOB) itu pasti butuh dokter,” ungkapnya. Khusus wilayah kota seperti Kendari dan Baubau, menurut Asrum, jumlah dokternya sudah proporsional, kecuali dokter spesialis. Namun itu tergantung rumah sakit yang membutuhkan. Soal gaji, itu akan menjadi tanggung jawab Pemprov Sultra. Kendati demikian, untuk mengingat dokter agar betah bertugas di daerah, Pemda juga perlu menganggarkan gaji tambahan untuk mereka. “Jarang memang ada dokter yang bertahan di daerah karena dokter itu punya keluarga juga, dan manusiawi kalau mereka memilih berkarir di dalam kota, misalnya sambil buka prakter,” papar mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe ini.

Dia menyarankan Pemda menyekolahkan dokter agar ketika pendidikannya tuntas bisa dilakukan MoU untuk tetap memberikan pelayanan kesehatan di daerah asalnya. “Sederhananya begini, daerah mengeluarkan Rp 500 juta untuk menyekolahkan dokter tapi bisa mengembalikan miliaran karena akan banyak masyarakat yang berobat dan uang mereka berputar disitu. Nah kalau berobatnya keluar daerah jelas uangnya akan keluar juga, hanya saja dunia kesehatan itu investasinya tidak kelihatan makanya banyak yang tidak berani,” ulasnya. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top