Bangun Industri Gula dan Perkebunan Tebu, Pemkab Bombana Siapkan 19 Ribu Hektar – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Bombana

Bangun Industri Gula dan Perkebunan Tebu, Pemkab Bombana Siapkan 19 Ribu Hektar

Pj Bupati Bombana, Siti Saleha

KENDARIPOS.CO.ID — Pembangunan pabrik gula dan perkebunan tebu di Konawe Selatan (Konsel) sudah bertahun-tahun direncanakan. Namun sampai saat ini, belum ada tanda-tanda untuk membangun industri plus perkebunan itu. Masalah lahan yang belum tuntas menjadi salah satu penyebabnya.

Persoalan ini membuat investornya berpaling untuk menanamkan sahamnya. Daerah yang dipilih adalah Kabupaten Bombana, wilayah yang berbatasan langsung dengan Konsel. Bahkan rencana ini sudah dibahas antara perwakilan investor yang akan membangun pabrik gula, Pj Bupati Sitti Saleha, Kapolres dan Kajari Bombana serta camat di wilayah Poleang.

Pj Bupati Bombana Sitti Saleha mengatakan, rencana pembangunan pabik gula dan perkebunan tebu di wilayahnya sudah dimatangkan. Bahkan dirinya telah menyiapkan lahan sekira 19 ribu hektar untuk pembangunannya. Luas lahan sebanyak itu, sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan pemilik modal.

“Investornya mau membangun industri gula di Bombana, tapi meminta lahan 19 ribu hektar. Permintaan itu kami sanggupi dan lahannya sudah disiapkan. Lahan belasan ribu hektar ini tersebar dan memanjang dari Rumbia hingga beberapa kecamatan di wilayah Poleang,” kata Siti Saleha, kepada Kendari Pos.

Menurut Saleha, dirinya bahkan sudah memfasilitasi investor dan berdiskusi langsung dengan camat di wilayah yang lahannya masuk dalam rencana pembangunan pabrik gula itu. Hasilnya, camat dan masyarakat sepakat dan menyambut baik rencana industri gula ini. Saleha mengaku, di atas lahan 19 ribu hektar itu semuanya merupakan kawasan areal penggunaan lain (APL) dan tidak masuk dalam kawasan hutan. Di atas lahan belasan hektar itu akan interkoneksi dengan pabrik lain yakni pengolahan daging serta kawasan peternakan sapi.

Anggaran yang disiapkan untuk merampungkan pembangunan dua pabrik ini tidak sedikit. Saleha mengatakan, pemilik modal dari proyek ini menyiapkan dana sekira Rp 2 triliun. “Insya Allah jika ini berhasil maka Bombana akan menjadi pemasok gula dan daging terbesar di seluruh Indonesia dan luar negeri,” imbuhnya. (b/nur)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top