3 Ribu Peserta Ramaikan Gowes Nusantara – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Olahraga

3 Ribu Peserta Ramaikan Gowes Nusantara

Wawali Kendari, Musadar Mappasomba (tujuh dari kanan), Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, (tujuh dari kiri), Sekot Kendari, Alamsyah Lotunani (enam dari kiri) dan Staf Ahli Gubernur, La Ode Andi Pili (lima dari kanan) berfoto bersama peserta gowes nusantara.

KENDARIPOS.CO.ID — Gelaran gowes nusantara di Kendari berlangsung meriah. Tak kurang dari 3 ribuan peserta berpatisipasi mengikuti kegiatan olahraga bersepeda ini, Minggu (13/8). Pelajar mulai dari SD,SMP,SMA seakan tak mau ketinggalan bergabung bersama peserta umum lainnya. Untuk lebih menyemarakan event nasional, panitia menyiapkan beberapa rangkaian acara tambahan.

Sebelum dilepas Sekretaris Kota (Sekot) Kendari, Alamsyah Lotunani terlebih dahulu peserta melakukan senam untuk melemaskan otot. Pasalnya, peserta harus melewati rute yang cukup jauh. Mulai dari lapangan kantor Wali Kota Kendari menuju lapangan Benu-Benua dan kembali ke garis star.

Selain itu, panitia juga melakukan ritual sebagai tanda cinta tanah air. Sekot yang mewakili Pemkot Kendari menyerahkan tanah dan air pada perwakilan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Nantinya, akan digabungkan dengan tanah air 90 Kabupaten/Kota penyelenggara program Kemenpora.

Ritual penggabungan tanah dan air akan dilaksanakan pada puncak pelaksanaan gowes nusantara tanggal 9 September 2017 atau bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) . Momentum ini akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta mengatakan pemerintah memiliki target khusus terkait pelaksanaan gowes nusantara ini. Melalui program ini pemerintah ingin menggelorakan olahraga dan mengajak masyarakat hidup sehat. Bila gowes ini mendapat respon positif, pemerintah bakal mencanangkan event ini menjadi hari bersepeda nasional.

“Kami berharap bisa hari bersepeda nasional bisa terwujud,” katanya.

Ajakan gemar berolahraga ini tidak hanya pada kegiatan bersepeda. Namun semua jenis olahraga seperti senam, sepak bola, bola volly, bola basket dan Cabor lainnya. Hanya saja, bersepada dianggap lebih terjangkau, bebas polusi dan hemat energi. Dari 90 daerah pelaksana gowes nusantara, Kendari merupakan yang ke 50. “Kita salut dengan upaya yang dilakukan Pemkot Kendari yang telah mensukseskan kegiatan ini,” katanya.

Wakil Wali Kota, Musadar Mapasomba mengapresiasi gelaran event nusantara ini. Selain menggalakan olahraga, Kemenpora juga menanamkan cinta tanah air. “Ritual penyerahan tanah dan air dari Kota Kendari mengandung arti yang dalam bagaimana mencintai bangsa ini. Apalagi momentumnya hampir bersamaan dengan hari peringatan kemerdekaan RI yang ke-72,” jelasnya.

Olahraga kata dia, adalah salah satu pintu untuk sehat, sehingga sudah seharusnya dijadikan kebiasaan. Hal ini sesuai dengan semboyan olahraga, di dalam tubuh sehat terdapat jiwa sehat. Kegiatan ini terbilang efektif karena bisa dilakukan secara massal. Dengan begitu, bisa motivasi orang lain. “Hal ini juga bisa memperat tali silaturahmi,” lanjutnya.

Kadis Dikmudora Kendari mengatakan gowes nusantara diikuti sekitar 3 ribu peserta. Mereka berasal dari berbagai kalangan masyarakat mulai pelajar, PNS, karyawan swasta, masyakata umum hingga komunitas tertentu. Rute yang dilewati peserta mulai dari lapangan kantor wali kota Kendari masuk di jalan H. Abdullah Silondae menuju Jl Abunawas. Kemudian melewati Jl Made Sabara, Syekh Yusuf dan H. Alala hingga di lapangan Benu-Benua dan kembali ditempat star.

“Kami menyediakan undian dengan berbagai hadiah menarik bagi para peserta yang berpartisipasi dalam gowes nusantara ini. Hadiah utama yang kami siapkan yakni 1 unit sepeda motor dan 5 unit sepeda, dan berbagai hadiah elektronik lainnya,” tutupnya. (b/myu)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top