Wow! Aset Pemkot Kendari Capai Rp 4 Triliun – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Wow! Aset Pemkot Kendari Capai Rp 4 Triliun

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah aset miliki Pemerintah Kota Kendari terus bertumbuh. Sejak dinakhodai Wali Kota Kendari Asrun, peningkatan aset Pemkot naik hingga 350 persen. Pada 2007 lalu, jumlah aset hanya sebesar Rp 559 miliar lebih, meningkat menjadi Rp 4,086 triliun lebih pada 2016. Pertumbuhan itu diprediksi masih akan terus bergerak pada tahun ini.

Fokus pembenahan infrastruktur ternyata mendongkrak nilai aset menjadi bertumbuh. Jika diukur dari tahun 2011 hanya senilai Rp. 1,034 triliun naik pesat dalam lima tahun menjadi Rp 4,086 triliun pada 2016.

Pembangunan infrastruktur memang menjadi faktor nilai aset bertambah. Setidaknya, bisa diukur dari kepemilikan tanah Pemkot yang jika dikonversi ke rupiah maka saat ini nilainya mencapai Rp 2,221 triliun lebih. Menyusul diurutan berikutnya adalah jalan dan irigasi pada 2016 sebesar Rp 992 miliar. Sedangkan aset terendah yakni aset tetap lainnya seperti aset yang dipinjampakaikan (aset tetap renovasi dan alat musik modern) sejumlah Rp 51 miliar,” ungkap Susanti.

“Pertumbuhan aset paling pesat terjadi pada aset tanah. Tahun 2011, aset tanah kita hanya Rp 214 miliar, pada tahun 2016 naik 10 kali lipat. Jumlahnya mencapai Rp 2,221 triliun. Kepemilikan tanah yang paling banyak karena banyak proyek infrastruktur, makanya jumlahnya besar,” ujar Susanti, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Kendari, Jumat.

Susanti menjelaskan, pertumbuhan aset dapat menjadi barometer pembangunan daerah. Setidaknya, jika aset bertambah, itu berarti ada realisasi pembangunan yang berjalan. “Jika dilihat, tiap tahun aset kita terus meningkat. Tentu kita sangat bersyukur, artinya pembangunan berjalan.Untuk tahun 2017 belum direkapitulasi karena belum semua proyek tuntas,” jelasnya.

Prediksi pertumbuhan aset pada 2017 sendiri menyusul banyaknya pembangunan infrastruktur yang dibangun. Diantaranya, gedung dewan yang akan diresmikan dan terminal maupun penambahan jalan dan drainase. “Mudah-mudahan tidak ada penyusutan. Kita semua berharap aset terus naik,” pungkasnya. (m1)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top