Pemkot Kendari Revisi Draf APBD-P, Minggu Ketiga Agustus Diajukan ke Dewan – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Metro Kendari

Pemkot Kendari Revisi Draf APBD-P, Minggu Ketiga Agustus Diajukan ke Dewan

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota Kendari harus merevisi draf anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) tahun 2017. Padahal, draf tersebut sudah diperiksa dan disetujui oleh Wali Kota Kendari, Asrun. Sejatinya, draf APBD-P tersebut sudah akan disodorkan ke DPRD Kota Kendari untuk dibahas. Namun Pemkot harus melakukan konsolidasi ulang terhadap program yang diajukan oleh masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Pasalnya, program yang disetujui terganjal pemangkasan anggaran yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Kota Kendari mengalami pemangkasan dana alokasi umum (DAU) sebesar lima persen dari total Rp 625 miliar. “Sebenarnya drafnya sudah tuntas. Wali kota juga sudah menyetujui. Hanya saja, DAU kita dipotong sebesar Rp 33 miliar. Pada akhirnya kita harus bahas kembali untuk penyesuaian kembali program yang sudah disepakati,” ungkap Askar Mahmud, Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kendari, Jumat (11/8).

Bukan saja akibat pemangkasan DAU, penggodokkan ulang draf APBD-P dilakukan menyusul kebijakan pemerintah pusat perihal kenaikan tunjangan pimpinan dan anggota dewan. Dengan demikian, sebelumnya belum diporsikan dalam anggaran perubahan, tunjangan tersebut diharuskan masuk dalam postur APBD-P nantinya.

“Kami juga harus memutar otak. Sudah DAU kita dipotong, tiba-tiba pusat menaikkan lagi tunjangan dewan. Mau tidak mau, kita harus rasionalisasi ulang belanja. Makanya kita akan bahas ulang,” tukasnya. Pemkot bersama seluruh SKPD dan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD), Jumat kemarin kembali melakukan pertemuan untuk membahas draf APBD-P. Rencananya, jika tidak ada hambatan, rancangan APBD-P sudah akan diajukan ke dewan pada Agustus ini. “Paling kita butuh waktu seminggu lagi untuk bahas ulang, kita upayakan sebelum 17 Agustus sudah diajukan,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Kendari, Susanti membenarkan jika Pemkot harus kembali melakukan konsolidasi anggaran. Ia juga tidak menampik, jika medio Agustus ini pembahasan APBD-P bersama DPRD Kota Kendari sudah bisa dilakukan. “Kalau pembahasannya tidak alot dan perubahannya tidak signifikan, mudah-mudahan cepat selesai. Kita juga menargetkan bisa secepatnya dilakukan pembahasan dengan dewan. Soal total APBD-P, saya belum bisa pastikan jumlahnya,” ujar Susanti. (m1/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top