Ello Pakai Ganja Sejak Kuliah – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Nasional

Ello Pakai Ganja Sejak Kuliah

Ello

KENDARIPOS.CO.ID — Marcello Tahitoe alias Ello sudah ditetapkan sebagaai tersangka kepemilikan ganja oleh Polres Metro Jakarta Selatan. Ia ditangkap bersama dua orang temannya oleh petugas, Minggu (6/8) dini hari lalu. Ini merupakan hasil pengembangan dari kasus narkoba sebelumnya. Namun, bukan dari kasus narkoba yang melibatkan selebriti.

Dari hasil pengembangan kasus penyalahgunaan ganja tersebut, satnarkoba Polres Jakarta Selatan kemudian melakukan penyelidikan. Hal itu dilakukan sejak satu setengah bulan lalu. “Akhirnya kami melakukan penggeladahan rumah di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kami mengamankan tiga orang diduga penyalahgunaan ganja yakni DMT, DM, dan RGG,” kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Iwan Kurniawan kemarin (11/8). Kedua teman bukan dari klangan selebriti.

Dia melanjutkan, penangkapan yang dilakukan berlangsung secara kooperatif. Pada Minggu dini hari (6/8) sekira pukul 00.30 atau 1.00 dini hari ketiganya diciduk saat sedang bersantai di rumah. Sebelumnya, Ello baru saja mengadakan pertunjukan di Summarecon Mal Bekasi (SMB). Dalam penangkapan itu, ketiganya menurut dan langsung menyerahkan barang bukti. “Kita temukan barang bukti ganja sebanyak dua paket. Beratnya kurang dari 5 gram,” sambungnya.

Dari tiga orang yang ditangkap, akhirnya orang berinisial RGG dipulangkan karena tidak ditemukan barang bukti di dalam dirinya. Iwan melanjutkan pihaknya akan melakukan assessment medis untuk mengetahui seberapa besar ketergantungan yang dialami oleh tersangka. Dari hasil pemeriksaan hang telah diberikan, barang tersebut dibeli seharga 200 ribu rupiah per paket. Keduanya (DM dan DMT) membeli barang tersebut menggunakan uang masing-masing.

“Dari mana dapatnya mereka mengaku bertransaksi di dekat salah satu universitas di Jakarta Selatan,” imbuh Iwan lagi. Dengan hasil pemeriksaan lebih lanjut juga bukti yang dimiliki cukup, maka keduanya ditetapkan sebagai tersangka. Keduanya pun telah menjadi tahanan sementara sejak Minggu. Pihak kepolisian sampai saat ini seberapa jauh ketergantungan pada ganja.

Assessment medis pun sudah diajukan, namun hasil untuk kedua tersangka itu akan direhabilitasi atau tidak masih menunggu. Selain itu, dari pemeriksaan yang dilakukan diketahui bahwa keduanya mengkonsumsi ganja sudah dalam jangka waktu yang lama dan untuk tujuan kesenangan. “Yang bersangkutan menerangkan sejak masih kuliah. Jadi melihat dari waktu sudah cukup lama. DM juga mengatakan lebih lama lagi, sejak SMA. Tapi seberapa sering menggunakan kami brlum bisa menjelaskan,” jelas Iwan.

Pelantun Pergi Untuk Kembali itu dikenakan pasal 111 dan pasal 127 UU Narkotika sebagai pelaku yang tanpa hak dia memiliki, menyimpan, dan menguasai narkotika jenis ganja. Ancaman hukuman minimal 4 tahun dan maksimal 12 tahun kurungan. Sempat bertemu dua pengacara Ello, Chris Sam Siwu dan Isaac Sanger, mereka mengatakan Ello dibawa ke RSKO setelah Polres Jakarta Selatan melakukan rilis penangkapan. Mereka mengatakan hasil assessment kliennya sudah diterima. “Hadilnya sudah kita terima dan akan kita koordinasikan ke RSKO. Kita harap di RSKO bisa menerima Ello hari ini (kemarin, Red),” ujar Chris.

Chris menambahkan, saat ini kliennya sudah lebih dapat menerima keadaan. Tanda-tanda ketergantungan selama menginap di Polres Jakarta Selatan juga tidak ditunjukkan. Pihaknya pun tidak tahu sejak kapan Ello memakai ganja. Mereka hanya fokus pada barang bukti yang ditemukan. Meski pengacara Ello mengatakan hari ini kliennya dibawa ke RSKO, namun hal berbeda dikatakan oleh Kapolres. Iwan mengatakan, DMT dan DM kemarin belum dibawa ke RSKO, Cibubur. “Hari ini belum,” ujarnya. (Glo)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top