Pariwara
Metro Kendari

Developer Bandel Bakal Ditindak, Pemkot Bentuk Tim Pengawas Fasilitas Umum Perumahan

Perumahan

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mengambil langkah tegas terhadap developer (pengembang) perumahan bandel di metro ini. Developer bandel dimaksud yakni yang belum memenuhi janji untuk membangun fasilitas umum (Fasum) dan fasilitas khusus (Fasus). Langkah tegas itu diambil untuk memastikan hak masyarakat konsumen kredit perumahan rakyat (KPR) terlindungi.

Pemkot sudah membentuk tim pengawas untuk memantau developer bandel di Kota Kendari. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Tata Kota dan Perumahan Kota Kendari, Muhammad Saiful. Menurutnya, semua developer harus melaksanakan pembangunan sesuai site plan (perencanaan) perumahan termasuk ketersediaan Fasum dan Fasus. Item itu yang akan diawasi oleh tim yang diketuai oleh Sekretaris Kota Kendari, Alamsyah Lotunani.

“Kami sudah ada tim dengan instansi terkait, termasuk saya sebagai anggota. Tugasnya mengawasi dan memberi sanksi. Sanksinya bisa berupa tidak diterbitkan izin pada proyek perumahan yang dikerjakan selanjutnya,” ujar Muhammad Saiful, Jumat (11/8). Fasum meliputi ketersediaan sarana jalan, drainase maupun ruang terbuka hijau. Sedangkan Fasus bisa berupa air bersih maupun listrik. Semua fasilitas tersebut disesuaikan dengan spesifikasi pada site plan yang dilampirkan pada saat pengurusan izin.

Saiful juga meminta peran masyarakat atau user (pengguna) untuk melaporkan developer yang abai. Jika ada keluhan, masyarakat bisa mengadukan ke pihak bank maupun langsung kepada dinas terkait. “Silakan masyarakat proaktif mengawasi. Itu adalah hak masyarakat,” tukasnya.

Saiful berharap semua developer yang progres pembangunan perumahannya mencapai 25 persen untuk memulai pengerjaan Fasum dan Fasus tersebut. Dia juga meminta untuk perumahan yang sudah tuntas agar segera dihibahkan kepada Pemkot. “Nanti kami yang akan melakukan peningkatan kualitas Fasum dan Fasus tadi. Kalau belum hibah, Pemkot tidak bisa masuk kesitu,” jelasnya. Untuk proses pengawasan, Pemkot sudah menyampaikan imbauan tersebut kepada seluruh developer di Kota Kendari. “Kami sudah lakukan pertemuan dengan 200 lebih developer. Kami ingatkan mereka untuk mengatensi imbauan itu,” pungkasnya. (m1/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top