Tak Ada Anggaran, Pilkades Muna Serentak Ditunda – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Muna

Tak Ada Anggaran, Pilkades Muna Serentak Ditunda

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Muna yang sebenarnya sudah diagendakan medio Juli tahun 2017 lalu, terpaksa ditunda. Pengunduran waktu Pilkades yang mengalami kekosongan pemerintahan tersebut bukan tanpa alasan. Sebab ternyata tidak ada anggaran yang disiapkan pemerintah kabupaten (Pemkab) Muna. Termasuk regulasi yang mengatur tentang desa, masih dalam penggodokan.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Muna, Rustam mengaku, dana dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) belum dialokasikan. Nanti pada tahun 2018 baru dapat dianggarkan untuk membiayai logistik penyelenggaraan pemilihan, insentif panitia pemungutan suara, honor pengawas tingkat kecamatan maupun kabupaten.

“Kita undur tahun 2018 mendatang. Jadi anggarannya kita usulkan tiap desa Rp 18 juta,” ungkap Rustam, Kamis (10/8).

Selain anggaran, kata Rustam, rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang desa memang belum tuntas dibahas. Dalam rancangan tersebut mengatur biaya pendaftaran yang tak lagi dibebankan pada calon kepala desa. Ke depan, pihaknya masih akan berkoordinasi dengan pihak keuangan daerah dan Bupati Muna, LM Rusman Emba. Apakah biaya pendaftaran dialokasikan melalui dana desa atau sumber lainnya.

Apalagi, Pilkades serentak tersebut akan digelar pada 30 desa. Mulai dari Banggai, Wawesa, Lohia, Wakadia, Marobo, Lakarama, Wadolao hingga Wapoale. Meski akan mengikuti Pilkades 2018, para kepala desa nantinya baru mengikuti serah terima jabatan pada tahun 2019. (c/ery)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top