Sombu Wakili Sultra ke Tingkat Nasional, Desa Lain Harus Bangun Perpustakaan – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Wakatobi

Sombu Wakili Sultra ke Tingkat Nasional, Desa Lain Harus Bangun Perpustakaan

ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud (kedua dari kanan) ketika menyerahkan plakat daerah pada tim penilai lomba perpustakaan, kamis(10/8).

KENDARIPOS.CO.ID — Seluruh desa dan kelurahan di Wakatobi diminta mengalokasikan anggaran untuk membangun perpustakaan. Diakui, pemerintah kabupaten (Pemkab) belum memiliki program untuk pemberian insentif bagi pengelola dan staf perpustakaan. Namun Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud berharap, dengan banyaknya anggaran yang masuk di desa-desa, seharusnya dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Salah satunya menghadirkan perpustakaan di tengah masyarakat.

“Saya kira itu tidak terlalu sulit,” ujar Ilmiati Daud usai menghadiri penilaian lomba perpustakaan di Desa Wisata Sombu, Wangi-Wangi, Kamis (10/8). Ia juga meminta aparat desa dan kelurahan lainnya untuk mencontoh Desa Wisata Sombu dalam membangun perpustakaan desa. “Alhamdulillah, salah satu desa di Wakatobi mewakili Sultra dalam lomba perpustakaan. Ini prestasi membanggakan dan semoga seluruh desa dan kelurahan di Wakatobi bisa termotivasi,” tambah Ilmiati.

Sementara itu, Kepala Desa Sombu, La Ndilu mengaku, tahun ini pihaknya telah menganggarkan dana perpustakaan. Meski sebelumnya ia dinilai masyarakat telah menyalahgunakan dana desa, namun La Ndilu bisa mematahkan kecurigaan tersebut dengan membuat perpustakaan dan kini justru menjadi kebanggaan Wakatobi hingga mewakili Sultra di tingkat nasional.

“Tahun 2018 mendatang kami berencana menambah anggaran untuk perpustakaan yang dibuat pada salah satu ruang kantor Desa Sombu ini,” kata La Ndilu.

Untuk diketahui, Desa Sombu, Kecamatan Wangiwangi menjadi perwakilan provinsi setelah masuk lima besar lomba perpustakaan desa/kelurahan tingkat nasional untuk klaster B. Kamis(10/8), tim juri maupun Kementerian Dalam Negeri dan pihak provinsi memantau langsung kondisi fisik perpustakaan Desa Wisata Sombu di Wakatobi.

Salah seorang tim juri, Dr. Zulfikar Zan yang merupakan akademisi dari Universitas Indonesia mengaku, perpustakaan Desa Wisata Sombu sudah cukup baik dan memuaskan. “Tinggal presentasi kepala desa di tingkat nasional nanti. Koleksi bukunya sudah lumayan dan kondisi fisiknya bagus,” ujar Zulfikar Zan, kamis(10/8). (b/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top