Rusunawa Baubau Segera Dihuni – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Bau-bau

Rusunawa Baubau Segera Dihuni

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah lima tahun terbengkalai, rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) yang dibangun di kawasan Kota Mara Baubau akhirnya dimanfaatkan. Pemerintah kota (Pemkot) sedang mengupayakan agar bangunan yang tuntas dikerjakan sejak 2012 lalu tersebut segera dihuni.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Baubau, Muslihi mengatakan, Rusunawa yang telah dibangun tersebut terbagi dari dua blok. Setiap blok terdiri dari 99 kamar. Sehingga total keseluruhan jumlah kamar, ada 198 ruang. “Kita usahakan agar secepatnya ditempati. Saat ini sedang dalam proses penertiban agar masyarakat yang akan menempati tidak salah kamar,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (10/8).

Muslihi mengaku, sudah ada beberapa kamar yang terisi. Ada pada blok I sebanyak 27 kamar dan blok II 87 kamar. “Kuncinya sudah diambil penghuni kamar karena telah membayar panjar untuk waktu sewa tiga bulan,” sambungnya. Untuk biaya kontrak, pihaknya memberlakukan pembayaran setiap bulan. “Lantai satu biaya kamarnya Rp 250 ribu tiap bulan, lantai dua Rp 225 ribu dan lantai tiga Rp 200 ribu. Begitu seterusnya, harga setiap tingkatan lantai berbeda Rp 25 ribu. Tetapi itu belum termasuk biaya listrik dan air. Ada hitungannya sendiri, tergantung pemakaian setiap bulan,” terangnya.

Ditanya soal keterlambatan pemanfaatan Rusunawa, Muslihi mengaku tak tahu. Sebab mulai dari pembangunan tahap pertama tahun 2011 hingga rampung 2012, semua berada dalam kendali Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Baubau. “Nanti setelah Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman terbentuk tahun ini dan saya menjadi pimpinannya, kami langsung koordinasi dengan pihak kementerian untuk pemanfaatan Rusunawa ini,” tandasnya.

Sementara itu Staf Satker Pengembangan Kawasan Pemukiman Strategis Kementerian Perumahan dan Pemukiman Rakyat, Pid Handoro meminta agar pemanfatan Rusunawa dapat dilakukan dengan baik. “Agar input dan outputnya dirasakan. Kemudian mereka yang menempati Rusunawa benar-benar masyarakat yang memenuhi syarat administrasi dan belum memiliki rumah,” pungkasnya. (b/ahi)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top