Pengadaan Sapi di Konut Tak Sesuai Juknis – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Konawe Utara

Pengadaan Sapi di Konut Tak Sesuai Juknis

KENDARIPOS.CO.ID — Pemanfaatan dana desa (DD) dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) dianggap banyak menyalahi ketentuan dalam petunjuk teknis (Juknis). Salah satu yang terungkap adalah pengadaan bibit sapi bagi warga yang tak memenuhi mekanisme.

“Memang kalau dilihat secara fisik antara sapi yang dibeli dengan jumlah anggaran, tidak sesuai. Kalau sapi harga Rp 5 jutaan itu hanya satu tahun sudah bisa beranak. Makanya kepala desa juga harus menyesuaikan anggaran dengan kondisi fisik sapi,” ujar Hendra, Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konawe Utara (Konut), Kamis (10/8).

Ia mengaku, pihaknya tak mengintervensi penggunaan dana desa secara teknis. Namun Hendra meminta agar kepala desa yang memprogramkan pemberdayaan masyarakat dengan pembelian bibit sapi harus benar-benar realistis. “Soal harga secara teknis kita tidak masuk ke situ. Tapi kadang para kepala desa membeli sapi pada pengumpul yang tak diketahui secara pasti kesehatannya seperti apa. Semestinya memang harus melibatkan instansi teknis dari peternakan. Supaya kesehatan bibit sapi yang dibeli benar-benar terjamin,” imbaunya.

Sebelumnya, Ketua Komisi I DPRD Konut, Rasmin Kamil menyoroti pengadaan bibit sapi yang dilakukan kepala desa. “Saya minta agar kepala desa mengelola anggaran dengan profesional dan proporsional. Pendistribusian sapi yang diadakan juga jangan sampai menimbulkan masalah,” ujar Rasmin Kamil. (c/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top