Mantan Guru Idola Kendari Pos Wakili Sultra Ikut Lomba Guru Berprestasi – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

Mantan Guru Idola Kendari Pos Wakili Sultra Ikut Lomba Guru Berprestasi

KENDARIPOS.CO.ID — Bicara soal prestasi, SMPN 1 Kendari seakan tak pernah bergeser dari jajaran posisi teratas. Teranyar, salah satu tenaga pengajar pada sekolah adiwiyata ini berhasil merebut predikat guru berprestasi tingkat provinsi dan sebentar lagi bakal terbang ke Jakarta untuk mengikuti seleksi nasional. Namanya Paruddin Lansumaso, M.Pd., Wakil Kepala Sekolah Bidang Budaya Lingkungan Sekolah dan Pembinaan Prestasi Siswa. Dan ternyata, dia adalah alumni guru idola Kendari Pos.

Parudin menjelaskan, seleksi guru berprestasi tingkat provinsi Sultra telah berlangsung pekan lalu, sedangkan untuk level nasional mulai 13 hingga 21 Agustus 2017. “Alhamdulillah, saya pernah menjadi guru idola versi Kendari Pos dan untuk kesekian kalinya mengikuti kompetisi. Dari sana saya terus belajar,” kata Oji-sapaan akrab-Paruddin.

Diakuinya, persiapan menuju kompetisi guru berprestasi telah dilakukan sejak 2 tahun terakhir. Ada 10 item telah dirangkum dalam sebuah portofolio mencakup kompetensi kepribadian, profesional, pedagogik hingga hasil wawancara dan presentase penelitian tindakan kelas berupa karya tulis.

Menurut Oji, berprestasi adalah sukses dalam membimbing dan mendampingi siswa untuk kompetisi jenjang lokal maupun nasional, bahkan membawa nama sekolah ke ajang yang lebih bergengsi. “Dan kami berhasil membuktikan eksistensi SMPN 1 Kendari,” ungkapnya bangga.

Telah 13 tahun ia berkecimpung di dunia pendidikan. Memulai karier sebagai guru honorer lalu tenaga laboran dan diangkat sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Sebelumnya, ia sempat menempuh pendidikan di Victoria University Melbourne, Australia. Beberapa penghargaan yang telah diraih termasuk predikat pembina terbaik terinovatif duta sanitasi dari presiden RI kelima, Megawati Soekarnoputri dan banyak lagi lainnya.

Belum lama ini, Oji juga terpilih sebagai ketua musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) IPA untuk periode 2017-2020. “Saya harap, ini mampu memotivasi rekan guru agar ikhlas dalam berkarya karena hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha. Itu moto hidup saya,” tandasnya. (b/feb)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top