Kurang Anggaran, 59 Madrasah di Kolut Butuh RKB – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Kolaka Utara

Kurang Anggaran, 59 Madrasah di Kolut Butuh RKB

DOK/MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
Potret salah satu ruang kelas madrasah ibtidaiyah di Kolut yang bangunannya masih semi permanen.

KENDARIPOS.CO.ID — Ada 59 madrasah pada berbagai jenjang di Kolaka Utara (Kolut) saat ini aktif menggelar proses belajar mengajar. Sayangnya, animo anak usia sekolah di Bumi Patampanua itu untuk mendaftarkan diri pada lembaga pendidikan Islam tersebut, tak sebanding dengan jumlah sarana pembelajaran, termasuk ruang kelas baru (RKB).

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kolut, H. Baharuddin yang dikonfirmasi Kamis (10/8) menjelaskan, madrasah di wilayahnya rata-rata memang kekurangan RKB. Menurutnya, tahun ini hanya ada dua sekolah yang memperoleh bantuan pembangunan kelas yakni Madrasah Ibtidaiyah (MI) Puundoha dan Aliyah Rante Angin. “Kalau bicara ideal, semuanya butuh. Karena banyak madrasah di Kolut memang kekurangan RKB,” ungkapnya, kemarin.

Alasan minimnya bantuan bagi pembangunan RKB ditengarai karena kurangnya ketersediaan anggaran. Makanya Baharuddin cukup maklum jika keberadaan fasilitas sekolah di otorita kerjanya cukup minim. “Dari 59 madrasah yang berada dalam kendali kami, ada empat sekolah yang berstatus negeri. Sementara swasta jumlahnya lebih banyak. Ini tantangan anak-anak (pelajar) kita di Kolut karena belajar dengan fasilitas yang serba terbatas. Meski demikian hal ini tidak menyurutkan para guru maupun anak didik untuk terus belajar,” optimis Baharuddin. (b/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top