Hasil Demplot Hortikultura Konut Memuaskan – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Konawe Utara

Hasil Demplot Hortikultura Konut Memuaskan

HELMIN TOSUKI/KENDARI POS
Panen perdana hasil kebun percontohan milik petani di Desa Tokowuta, Kecamatan Wawolesea, kamis(10/8)

KENDARIPOS.CO.ID — Demontration plot (Demplot) atau kebun percontohan milik petani di Desa Tokowuta, Kecamatan Wawolesea mendapat apresiasi dari pemerintah kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) hingga kalangan anggota DPRD. Lahan seluas seperempat hektare itu mampu meningkatkan ekonomi petani dan menghasilkan panen puluhan juta rupiah.

Sejumlah tanaman hortikultura seperti kubis, melon, labu putih, cabai, gambas, labu dan beberapa tanaman lainnya mampu tumbuh di daratan rendah dengan baik. “Secara pribadi dan kelembagaan, kami memberikan apresiasi besar. Terutama yang punya ide membuat kebun percontohan. Ini memberikan semangat bagi petani kita,” ujar Sekretaris Komisi II DPRD Konut, Safrin, Kamis (10/8).

Ketua DPD II Golkar Konut itu menilai, kegiatan positif pembuatan kebun percontohan dianggap membawa angin segar bagi petani. “Ini merupakan kegiatan nyata dan memuaskan dari sisi ekonomi. Pemerintah bisa mendorong untuk memprogramkan lebih baik lagi,” harap Safrin.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Konut, Amiruddin Supu juga memberikan pujian atas keberhasilan petani yang dikoordinir Imran Moita sebagai pencetus pembuatan Demplot itu. “Ini kegiatan positif. Selaku pemerintah daerah bisa bersama petani dalam mengembangkan hortikultura,” ujar mantan Kadishut Konut tersebut.

Sementara itu Imran Moita menjelaskan, keinginan untuk membuat kebun percontohan tak lepas dari kebutuhan masyarakat Konut terhadap sayur-sayuran. Lahan tidur dapat dimanfaatkan untuk konsumsi rumah tangga maupun kebutuhan pasar. “Dalam jangka waktu tiga bulan sudah bisa dilihat hasilnya. Dengan luas lahan seperempat hektare dan biaya pengolahan Rp 5 juta, bisa menghasilkan keuntungan ekonomi hingga puluhan juta,” ujar alumni Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo tersebut, kemarin.

Imran yang juga Kepala Seksi pada Dinas Pertanian Konut itu menilai, keberadaan kebun percontohan yang dimotorinya sekaligus untuk memberikan edukasi pada petani di wilayah tersebut. (c/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top