DPRD Kota Kendari Dorong Angkot Berbasis Teknologi – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

DPRD Kota Kendari Dorong Angkot Berbasis Teknologi

La Ode Ashar

KENDARIPOS.CO.ID — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari mendorong penataan angkutan umum perkotaan yang beroperasi di metro ini. Salah satunya melalui pemanfaatan teknologi. Anggota Komisi III, La Ode Ashar menyampaikan usulannya itu kepada Dinas Perhubungan Kota Kendari, Kamis kemarin.

Menurut Ashar angkutan kota (Angkot) seperti mikrolet seringkali tidak tertib dalam berlalu lintas. Bahkan, tidak jarang juga beroperasi di luar trayek yang sudah ditentukan. “Kemarin kami studi banding di Balikpapan dan hasilnya disana sudah memanfaatkan teknologi dalam pengawasan angkutan umumnya. Kami dorong Pemkot juga mengikuti inovasi itu. Lagi pula biayanya sekira Rp 100-an juta,” ujarnya.

Teknologi yang dimaksud Ashar yakni penerapan sistem stiker barcode (kdoe batang) yang dipasang pada semua angkot. Barcode tersebut akan terkoneksi dengan server yang ditempatkan di Dishub Kota Kendari. “Dengan demikian pengawasannya lebih mudah. Angkot bisa dipantau pergerakannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Kendari, Muhammad Ali Aksa menilai usulan tersebut memungkinkan untuk diterapkan di Kota Kendari. Apalagi Pemkot juga tengah mengupayakan pemanfaatan teknologi dalam pelayanan kepada masyarakat. Hanya saja, Ali Aksa menilai hal itu perlu kajian mendalam. Penerapan teknologi pengawas harus dikalkulasi dan direncanakan dengan matang. “Itu perlu studi banding dulu. Kita harus hitung berapa biaya yang dibutuhkan, operasionalnya bagaimana, operatornya dan kapasitasnya sejauh mana. Itu harus dikaji dengan matang,” jelasnya.

Untuk itu, Dishub Kota Kendari baru akan mengusulkan anggaran studi banding terlebih dahulu pada pembahasan anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) nanti. (m1/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top