Amankan Pilkada, KPU Gandeng Polres Konawe – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Politik

Amankan Pilkada, KPU Gandeng Polres Konawe

Anggota KPU Konawe bersama AKBP Muh. Nur Akbar didampingi beberapa penjabat perwira menengah.

KENDARIPOS.CO.ID — Momentum pemilihan kepala daerah (Pilkada) kerap kali memicu pertentangan antar pendukung, sehingga diperlukan pengamanan yang baik, utamanya pada masa kampanye calon bupati. Olehnya itu, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe menggandeng Polres Konawe untuk membantu mengamankan jalannya tahapan pentas pemilihan pimpinan daerah.

Kamis (10/8) pagi, sejumlah komisioner KPUD Konawe menyambangi Polres Konawe. Kedatangan mereka untuk membahas pengawalan dan pengamanan tahapan Pilkada Konawe 2018 yang mulai berjalan, sekaligus menjalin hubungan baik dengan pimpinan Polres yang baru dilantik.
Ketua KPUD Konawe, Sarmadan mengungkapkan, pengawalan dan pengamanan selama tahapan Pilkada sangat penting, dan juga kunci menyukseskan penyelenggaraan Pilkada. “Kita sudah pernah bahas ini bersama Kapolres lama. Namun setelah pergantian, maka kami rasa perlu menjalin komunikasi yang baru. Sekaligus memperkenalkan anggota komisioner dan penjabat sekretariat,” ujarnya.

Menurutnya, tugas KPU ke depan akan sangat berat karena melaksanakan tiga tahapan sekaligus yakni Pilbup, Pilgub dan Pilpres secara berjenjang. Untuk menjamin kelancarannya maka perlu pendampingan dari pihak aparat pengamanan, termasuk Polres. Selain itu, sejumlah kesepakatan yang lahir nantinya akan dituangkan kedalam MoU. “Soalanya, sudah jadi hal lumrah, ketika penyelenggaran Pilkada, pasti KPU selalu menjadi sasaran aspirasi pengunjuk rasa yang merasa kurang sependapat dengan apa yang dilaksanakan penyelenggara,” ungkapnya.

Kapolres Konawe, AKBP Muh. Nur Akbar didampingi beberapa penjabat perwira menengah menyambut baik kedatangan komisioner KPU tersebut. Ia mengparesiasi kunjungan tersebut. Ia sependapat dengan pihak KPU bahwa perlu ada komunikasi yang baik antar lembaga negara, termasuk dengan KPU sebagai penyelenggara Pilkada nanti, harus aktif membangun komunikasi dan koordinasi dengan pihak pengamanan, untuk mengkoordinasikan berbagai hal yang memungkinkan dapat mengganggu jalannya tahapan Pilkada Konawe.

“Sebenarnya tidak harus secara formal. Hanya jika ada hal yang mengancam terkendalanya teknis penyelenggaraan Pilkada, bisa segera koordinasikan kepada Kasat Intel atau Kabag Ops. Supaya secepatnya melakukan tindakan,” jelasnya.Pihaknya akan terus mendukung dan mengawal KPU selama menjalankan tahapan, dan selama proses penyelenggaraannya masih tetap sesuai dengan undang-undang. “Ya, mengenai sosialisasi, kami juga akan berupaya menggerakkan Bhabinkamtibmas dan Polsek yang ada untuk membantu menyampaikan kepada masyarakat, sebab para petugas ini yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” tutupnya. (hel/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top