Ali Yasin, Wasit Catur Sultra Kantongi Sertifikasi Internasional – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Olahraga

Ali Yasin, Wasit Catur Sultra Kantongi Sertifikasi Internasional

Ali Yasin

KENDARIPOS.CO.ID — Wasit Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sultra, Ali Yasin berhasil mendapat sertifikasi sebagai internasional fide arbiter (FA) dalam seminar wasit internasional yang dilaksanakan 11 hingga 15 Juli 2017 di Jakarta. Berdasarkan hasil pengumuman tanggal 7 Agustus 2017 lalu, Ali Yasin berada di peringkat delapan dengan fide id 7117450.

“Alhamdulillah, saya bisa lolos dengan peringkat delapan dalam ujian seminar yang dilaksanakan awal Juli lalu. Mengingat dari 21 peserta hanya 17 orang yang berhasil mendapat lisensi sebagai wasit FA. Kendati, materinya seputar pengusahaan terhadap aturan pertandingan berskala internasional,” kata Ali Yasin, kepada Kendari Pos.

Proses seleksi wasit berskala internasional itu berlansung ketat. Pasalnya, tidak semua peserta yang berpartisipasi mendapatkan lisensi wasit FA. Selain itu, pesertanya tidak hanya dari Indonesia. Sejumlah wasit negara tetangga, Malaysia ikut bersaing meraih predikat wasit internasional.

Setelah mendapat sertifikasi sebagai FA, ia bertekad untuk mengejar lisensi international arbiter (IA). Hanya saja, untuk mengikuti ujian tersebut ia harus memimpin beberapa kali pertandingan internasional. Hal tersebut dianggap sebagai tantangan dalam meningkatkan kualitas sebagai pemimpin pertandingan.

“Saya akan berusaha untuk mendapatkan kualifikasi sebagai wasit IA. Hal ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi daerah, karena saya yang pertama menjadi wasit internasional catur di Sultra,” katanya.

Sebagai bukti komitmen terhadap keinginan untuk mendapatkan lisensi sebagai wasit IA, dalam waktu dekat ini ia akan memimpin pertandingan catur internasional. Rencananya, tanggal 21 Agustus mendatang ada kejuaraan catur dunia yang dilaksanakan di Yogyakarta. “Selain itu, saya juga berencana untuk memimpin pertandingan catur internasional yang akan dilaksanakan di Penang Malaysia akhir tahun nanti,” tutupnya. (b/myu)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top