Umat Hindu di Konsel Gelar Pitra Yadnya – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Konawe Selatan

Umat Hindu di Konsel Gelar Pitra Yadnya

KAMALUDDIN/KENDARI POS
Prosesi pitra yadnya yang digelar umat Hindu di Desa Jati Bali, Kecamatan Ranomeeto Barat yang turut dihadiri Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, rabu(9/8).

KENDARIPOS.CO.ID — Tak hanya fokus pada peningkatan pembangunan infrastruktur, Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga bersama Wakilnya, H. Arsalim Arifin juga terus menumbuhkan nilai-nilai keberagaman etnis dan agama di otoritanya. Itu dibuktikan kedua pimpinan daerah tersebut saat mengikuti pelepasan arwah di Desa Jati Bali, Kecamatan Ranomeeto Barat, Rabu (9/8).

Surunuddin yang menghadiri langsung acara tersebut turut memberikan apresiasi. Ia mengungkapkan, Konsel dikenal dengan daerah heterogen. Sehingga kegiatan pitra yadnya atau upacara pemujaan pada para pitara dan roh leluhur yang telah meninggal dunia tersebut dapat dilaksanakan. “Selamat pada kita yang telah hadir di tempat ini khususnya dari kabupaten lain di Sultra. Kegiatan ini bentuk persatuan yang didalamnya ada bermacam-macam suku,” ungkap Konsel-1 tersebut.

Dari acara itu, Ia menggagas Jati Bali yang mayoritas dihuni umat Hindu sebagai desa adat dan wisata. “Setiap tahun, saya bersama Pak Arsalim selalu berupaya menetapkan beberapa kawasan potensial di Konsel. Misalnya seperti Namu baru-baru ini kita tetapkan sebagai desa wisata. Olehnya perlu ada pemahaman yang sama dari semua elemen baik pemerintah maupun masyarakat,” kata Surunuddin usai upacara ngaben, kemarin.

Sementara itu, Ketua Panita Ngaben, Ketut Widatsra menjelaskan, ada 150 jasad umat Hindu yang ikut dalam upacara pitra yadyna tersebut. “Ini sudah kali keenam dilaksanakan di Konsel. Kali ini jumlahnya yang terbesar dan diikuti beberapa kabupaten di Sultra,” sebutnya. (b/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top