Parah ! Stok Obat Kerap Kosong di Rumah Sakit Wakatobi – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Wakatobi

Parah ! Stok Obat Kerap Kosong di Rumah Sakit Wakatobi

KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat Wakatobi kini dihadapkan dengan persoalan jika ingin berobat kalau sedang menderita suatu penyakit. Pasalnya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang dipimpin dr Munardin Malibu tersebut kerap terjadi kekosongan stok obat-obatan. Sang Direktur RSUD ini mengakui hal tersebut. Kata Munardin, hal ini terjadi karena obat dipesan menggunakan sistem e-Katalog atau secara on line.

Munardin mencontohkan, memesan obat lewat e-Katalog berbeda seperti halnya membeli secara langsung di apotik terdekat ataupun diluar daerah yang pengirimannya serba cepat. “Kenapa apotik pesan sekarang dua hari kemudian langsung ada. Karena mereka belanja tidak seperti e-katalog ini,” ujarnya.

Bukan hanya pada pengiriman dengan e- katalog tambah dia, alokasi anggaran obat juga yang terbilang cukup minim. Karena sebelumnya hanya sebesar 300 juta. Tentu dua persoalan ini akan berpengaruh besar pada stok ketersediaan obat-obatan di rumah sakit daerah. ” Soal anggaran kami akan usahakan akan lebih banyak. Kita kreatif saja di cara pemilihan obatnya mana yang prioritas sesuai dengan kondisi dana,” jelasnya.

Sementara itu jelas dia lebih lanjut dengan minimnya anggaran, pihaknya lebih ekstra teliti pada pemesanan obat. Terutama yang masih langka di wakatobi. Ini juga kata dia, menghindari terjadinya pemborosan obat. “Misalnya kita pesan banyak sementara obat itu jarang kita pakai. Dilain sisi jangan sampai itu kedaluwarsa. Dilain sisi jatah untuk obat lainnya berkurang,” terangnya. “Ada yang mengeluh bahwa terpaksa beli diluar, karena dirumah sakit habis. Dan itu biasanya sudah diminta persetujuan dari keluarga pasien,” tutup Munardin. (p10/Buton/Pos)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top