Misteri Danau Moluku yang Dikeramatkan Warga Butur, Dihuni Penyu Emas dan Tujuh Ikan Terlarang – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Buton Utara

Misteri Danau Moluku yang Dikeramatkan Warga Butur, Dihuni Penyu Emas dan Tujuh Ikan Terlarang

Danau Moluku yang dikeramatkan di Buton Utara.

Pesonanya memikat mata. Kejernihan airnya bisa menenangkan jiwa. Sayang, Danau Moluku tak bisa dijamah. Ada misteri yang mengelilinginya. Sesaji kerap dipersembahkan untuk penghuni tak kasat mata.

Hadrian Indra Mapa, Butur

Personifikasi tentang Maha Indahnya Tuhan bisa terlihat dari aneka ciptaannya di jagad raya ini. Perempuan cantik, pantai eksotis, lembah dan ngarai yang indah adalah beberapa diantaranya. Kesempurnaan sang pencipta melukis alam ini juga bisa ditemukan di Buton Utara, Sulawesi Tenggara, tepatnya di Desa Lantagi Kecamatan Kulisusu.

Di desa itu, ada sebuah danau yang oleh warga lokal disebut Danau Moloku. Airnya jernih, permukaannya tenang dan nyaris tanpa riak. Siapapun yang memandangnya, pasti merasakan keteduhan hati. Saban akhir pekan, tempat ini jadi pilihan wisatawan lokal di daerah itu, untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat mereka. Sekadar berswafoto atau menikmati suguhan karya Tuhan yang memikat itu.

Danau itu ditaksir luasnya 400 meter persegi itu. Di sekelilingnya, tumbuh hutan mangrove yang tertata rapi, kokoh dan menjulang. Ia menjadi semacam pagar bagi kemurnian danau itu. Satu hal yang selalu membuat mereka yang berkunjung ke tempat itu adalah misteri mengenai adanya penyu emas yang konon hidup di danau tersebut.

Danau Moloku terletak di Utara Kecamatan Kulusus tak jauh dari pusat perkotaan. Untuk mengunjunginya hanya butuh waktu sekira 25 menit dengan mengendarai roda dua. Bagi masyarakat Butur, Danau Moloku merupakan tempat yang dikeramatkan. Tak ada yang berani menceburkan dirinya ke dalam air tenangnya.

1 of 3

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top