Menpora Bakal Sambangi Kendari – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Olahraga

Menpora Bakal Sambangi Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Kota Kendari mendapat kehormatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan gowes (bersepeda) nusantara oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Pada event yang digelar tanggal 13 Agustus ini, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrowi dijadwalkan akan hadir.

Sekretaris Kota Kendari, Alamsyah Lotunani mengaku siap menjalankan amanah kementerian. Untuk mensukseskan event nasional ini, ia telah menginstruksikan seluruh jajaran Satuan Kerja Perangakat Daerah (SKPD) Pemkot Kendari untuk terlibat.

“Kita harus sukseskan acara ini, tidak saja SKPD, semua pegawai harus terlibat. Tamu kita adalah bapak menteri dan pasti banyak rombongannya,” katanya saat rapat persiapan pelaksanaan gowes nusantara di Aula Pola Kantor Wali Kota Kendari, Rabu (9/8).

Untuk persiapan, Ketua KONI Kota Kendari itu telah memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk memastikan kebersihan kota Adipura ini terjaga hingga acara nanti. Semua penjuru kota, utamanya yang menjadi rute bersepeda, harus terlihat bersih dan asri. “Kita harus buktikan bahwa Kendari layak menyandang status kota Adipura. Jangan malah bertentangan dengan kondisi lingkungan,” ingatnya.

Bukan saja itu, Satpol PP dan Humas Kota Kendari juga diminta memastikan semua warga dan seluruh penjuru kota mengibarkan bendera merah putih di halaman masing-masing. “Jadi sampai Minggu nanti, semua persiapan dan imbauan yang saya sampaikan harus sudah terlaksana,” tegas Alamsyah dihadapan SKPD yang hadir.

Ketua Panitia penyelenggara gowes nusantara, Darwis menjelaskan kegiatan ini merupakan program kementerian yang tertuang dalam instruksi Presiden RI. Event ini dimaksudkan untuk lebih menggalakan gemar olahraga salah satunya melalui kegiatan bersepeda. Untuk peserta nantinya lanjut Kabid Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Kendari ini, menargetkan minimal 1.500 peserta.

“Skopnya se-Sultra. Jadi semua instansi pemerintahan, Kodim, kepolisian, pelajar, swasta semua diharapkan terlibat. Mudah-mudahan bisa sampai 3000 peserta. Sampai saat ini yang mendaftar sudah 500 orang lebih. Semuanya gratis, syaratnya hanya bawa sepeda” paparnya.

Untuk rute yang akan dilalui gowes nusantara sendiri, akan mengambil start di pelataran tugu religi dan akan melewati Polsek Mandonga hingga mengambil jalur by pass sampai pada Pasar Sentral Kendari. Selanjutnya akan mengitari rute jalan poros dalam, yakni jalur Lapangan Benu-Benua melewati Kantor DPRD dan finish kembali dilapangan eks MTQ.

“Nanti ada doorprise. Hadiahnya dari Kementrian disediakan satu unit motor. Pemkot juga menyiapkan tiga buah sepeda, beberapa unit kulkas dan hadiah menarik lainnya,” jelasnya.

Selain itu, nanti Kemenpora juga akan mengambil sampel tanah dan air di Kota Kendari. Tujuannya, sebagai bahan pembuatan tugu nusantara yang bahannya mengambil sampel tanah dan air dari seluruh wilayah di Indonesia. (b/m1)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top