Jauhi 5 Jenis Makanan Ini Agar Terhindar Dari Kanker – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Kesehatan

Jauhi 5 Jenis Makanan Ini Agar Terhindar Dari Kanker

KENDARIPOS.CO.ID — Kanker adalah salah satu penyebab tingginya angka kematian di dunia. Benjolan, pendarahan, penurunan berat badan, dan batuk-batuk adalah beberapa gejala yang ditunjukan dari penyakit mengerikan ini.

Seperti dsebutkan di atas, kanker adalah penyumbang tertinggi mortalitas dunia. Namun sayangnya, banyak yang tidak menyadari adanya kesamaan pemicu atau penyebab tingginya angka ini. Usut punya usut, kebiasaan Anda mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu ternyata berperan sangat besar terhadap kondisi ini.

Berikut beberapa jenis makanan yang perlu Anda hindari mulai dari sekarang untuk mengurangi resiko kanker:

1. Potato chips

Siapa yang tidak suka potato chips, gurih dan lezat. Namun tahukah anda, cara pembuatannya dengan cara deep fry yang mencapai suhu 120 derajat Celsius itu menghasilkan sebuah zat bernama acrylamide, penyebab kanker yang biasa ditemukan pada rokok. Kanker yang disebabkan zat ini memicu kanker ovarium, prostat, saluran pencernaan dan kanker payudara.

2. Makanan yang diasap dan diacar.
Makanan yang diasap dan diacar memang enak rasanya, namun berbahaya bagi tubuh anda. Daging yang diasap mengandung tar saat proses pengasapan, sementara jenis makanan yang diacar mengandung nitrat yang berubah menjadi N-nitroso yang berpotensi menyebabkan kanker.

3. Pemanis buatan
Pemanis buatan memiliki kandungan fruktosa yang tinggi. Produk semacam ini mengganggu kadar insulin dalam tubuh dan menyebabkan pertumbuhan sel kanker.

4. Popcorn microwave
Kantung popcorn yang biasa dijual seperti di bioskop biasanya mengandung asam perfluorooctanoic yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Kanker yang ditimbulkan oleh zat tersebut adalah kanker kandung kemih dan ginjal

5. Daging olahan
Daging olahan seperti ham, sosism bacon mengandung bahan kimia atau pengawet seperti sodium nitrat yang berbahaya bagi tubuh. Daging olahan juga kebanyakan menggunakan terlalu banyak garam dalam penyuguhannya. Kanker yang muncul akibat sodium nitrat adalah kanker usus besar dan rektal dan prostat.(ruf/fajar)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top