Jantung, Stroke, Diabetes, Dominan di Sultra – Kendari Pos –
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Jantung, Stroke, Diabetes, Dominan di Sultra

Asrum Tombili

KENDARIPOS.CO.ID — Pola penularan penyakit dalam dunia kesehatan saat ini telah berubah. Ada transisi epidemologi yang terjadi antara sebelum tahun 2000an dan setelahnya. Dulu, penyakit menularlah yang menjadi fokus pencegahan bagi instansi kesehatan di Indonesia tidak terkecuali di Sultra. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sultra, dr. Asrum Tombili.

Menurutnya permasalahan kesehatan saat ini menjadi lebih kompleks, sebab belum tuntas urusan penyakit tidak menular, Sultra justru kembali diguncang dengan meningkatnya penyakit menular seperti tuberkulosis (TB) dan malaria. “Penyakit jantung, diabetes mellitus, stroke, kanker, hipertensi dan lain-lain. Semua itu penyakit tidak menular yang masih banyak kita temukan penderitanya. Kita terus berupaya melakukan langkah-langkah pencegahan kepada warga,” ujar dr. Asrum Tombili disela-sela penguatan organisasi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Cabang Sulawesi Tenggara, kemarin.

Olehnya itu kata dia PEAI dapat berperan sebagai jembatan pola pengelolaan program di era desentralisasi ini, mengingat penyakit dan masalah kesehatan tidak mengenal batas wilayah administrasi pemerintahan. Dimana saat ini ada kecenderungan upaya pengendalian penyakit dan masalah kesehatan lainnya agak menurun hampir disemua daerah.

Ketua PAEI Sultra, Dr. Jasmurni Munir mengatakan pihaknya akan meningkatkan kemampuan untuk melakukan surveilans penyakit, deteksi dini dan respons masalah kesehatan masyarakat. “Kita masih perlu pembenahan juga, karena realitanya tenaga kesehatan khususnya epidemiologi ini belum teridentifikasi berapa jumlahnya. Makanya kita juga membicarakan rencana pembentukan PAEI di tingkat kabupaten,” ujarnya. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top