ITK Level 111,59 Tandai Kondisi Ekonomi Sultra Membaik – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

ITK Level 111,59 Tandai Kondisi Ekonomi Sultra Membaik

KENDARIPOS.CO.ID — Sempat terpuruk, kondisi ekonomi masyarakat Sultra saat ini mulai membaik. Ditandai dengan indeks tendensi konsumen (ITK) di pertengahan tahun yang mampu capai level 111,59. Ini ditandai dengan pendapatan rumah tangga dan jumlah konsumsi barang serta jasa yang naik tajam. Sejatinya, ITK jadi indikator perkembangan ekonomi terkini dengan mensurvei konsumen sebagai pelaku konsumsi.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra, Atqo Mardiyanto mengatakan, ada selisih 13,02 poin antara kondisi terkini dengan triwulan sebelumnya dan ini adalah indikator positif. Di tengah goncangan inflasi, rupanya Sultra mampu survive.

“Dari segi pendapatan rumah tangga, pendapatan masyarakat ternyata lebih tinggi daripada periode sebelumnya. Ini karena ada kenaikan pendapatan, seperti PNS yang terima gaji 14 dan pegawai swasta yang juga menerima bonus. Bahkan, masyarakat juga bekerja keras untuk pendapatan lebih jelang ramadan dan hari raya,” ungkapnya, rabu(9/8).

Selain itu, kondisi ekonomi yang membaik juga ditandai dengan jumlah konsumsi barang dan jasa yang meningkat. Lonjakan inflasi bulan Juni di Sultra yang mencapai 3,58 persen disebabkan oleh harga komoditi pangan utamanya sayur yang naik sampai 2 kali lipat, namun uniknya daya beli masyarakat tetap tinggi.

Pada triwulan selanjutnya, BPS memperkirakan ITK sebesar 107,10. Artinya, kondisi ekonomi konsumen masih tetap besar. Kemungkinan peningkatan pendapatan diprediksi mempengaruhi rencana pembelian barang-barang tahan lama. “Secara regional, Sultra tertinggi keempat setelah Gorontalo, Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan,” tutup Atqo. (b/feb)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top