Hindari Inflasi di Sultra, Rantai Distribusi Komoditi Harus Dipangkas – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Ekonomi & Bisnis

Hindari Inflasi di Sultra, Rantai Distribusi Komoditi Harus Dipangkas

KENDARIPOS.CO.ID — Tingginya harga sejumlah komoditi memberi andil besar terjadinya inflasi di Sultra. Tapi sebenarnya, kondisi ini bisa cepat diatasi. Caranya, alur distribusi komoditi harus dipangkas agar lebih dekat dengan konsumen. Dengan kata lain, alurnya harus diperpendek, dari petani langsung dijual ke masyarakat.

Analisa ini disampaikan Pakar Ekonomi Sultra, Dr. Akhmad Firman. Menurutnya, dengan memproduksi sendiri komoditi pangan, maka harganya akan jauh lebih murah, seperti halnya di Jawa. Jika dilihat, sampai saat ini Sultra masih mendatangkan bahan pangan dari luar, mulai dari telur, bawang putih, bawang merah, cabai merah, wortel, kentang, kol dan lainnya.

“Tidak perlu memutar otak untuk tentukan apa yang akan dikembangkan. Cukup lihat, komoditi apa yang masih kita datangkan dari luar,” kata Akhmad Firman.

Selain alur distribusi yang terlalu panjang, berbagai kondisi tak terduga juga wajib dipertimbangkan. Misalnya cuaca ekstrim yang jelas mengganggu distribusi barang sehingga harga jadi berlipat ganda. Jika dibiarkan, tentu masyarakat akan kewalahan. “Makanya kita harus mandiri dengan mendorong produksi bahan pangan yang belum diusahakan oleh petani lokal,” pesannya.

Kendatipun beberapa komoditi pangan sudah mampu dihasilkan secara mandiri, namun alur yang panjang tetap memicu harga selangit. Untuk menanggulanginya, harus ada terminal komoditi pangan yang bisa diakses langsung oleh masyarakat. Kenyataannya, sayuran dari petani masih harus dibawa oleh distributor ke pasar dan ditadah lagi oleh tengkulak. Parahnya, tengkulak acapkali menetapkan harga 2 kali lipat. Setelah itu, sayuran dijual lagi ke pengecer. Maka jangan heran, harga menjadi sangat tinggi di pasar. “Alurnya harus dipotong. Artinya dari petani harus langsung ke masyarakat. Caranya dengan membuka terminal komoditi pangan,” tandasnya. (b/feb)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top