Hebat! Mahasiswa UHO Sabet Juara 2 MTQ Nasional XV – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

Hebat! Mahasiswa UHO Sabet Juara 2 MTQ Nasional XV

Waode Sitti Febrianti/kendari pos
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UHO, Dr. Nur Arafah (kedua dari kiri) beserta jajaran saat menyambut Wa Ode Jati Ilmadrajat (paling kiri), utusan UHO yang meraih juara 2 lomba hifzil quran dalam ajang MTQ Mahasiswa Nasional XV di Universitas Brawijaya, Kota Malang, rabu(9/8).

KENDARIPOS.CO.ID — Mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) meraih juara 2 dalam ajang MTQ Mahasiswa Nasional XV di Universitas Brawijaya, Kota Malang. Namanya Wa Ode Jati Ilmadrajat, mahasiswa Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITK). Dia berhasil mengharumkan nama kampus tridharma di kancah nasional atas prestasi yang diraihnya pada lomba hifzil quran, 5 juz.

Prestasi itu disambut sumringah Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UHO, Dr. Nur Arafah. Dia begitu bahagia, karena di awal menjabat langsung disambut dengan prestasi mahasiswanya. “Kami akan memberi apresiasi kepadanya. Namun tetap mencari momentum yang tepat untuk penyerahan penghargaan secara langsung,” kata Nur Arafah, rabu(9/8).

Menurut dia, capaian ini membuktikan bahwa pemahaman agama yang baik tak hanya milik para sarjana agama atau mereka yang berkecimpung di fakultas keagamaan. Ke depan, pihaknya akan mensupport secara maksimal kegiatan serupa melalui bimbingan intensif dari biro kemahasiswaan. Mulai saat ini, segala kekurangan bakal dievaluasi untuk persiapan menuju event berikutnya. “Target berikutnya kita juara umum,” ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, 18 mahasiswa yang menjadi utusan UHO di ajang tahunan tersebut, diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya. Rata-rata orang sukses bukan karena cerdasnya tapi karena kepribadian yang baik. Tujuan dari pengikutsertaan mereka adalah untuk membentuk karakter, karena 70 persen dari kompetensi ditentukan oleh kepribadian atau karakter.

“Inilah prestasi yang hakiki, beda dengan mereka yang hanya berani berteriak di jalan. Artinya, waktu yang ada harus dimanfaatkan dengan baik untuk menuntut ilmu,” pesannya.

Kepala Bagian Kemahasiswaan UHO, Lydia Andriati, M.Si. menambahkan, ada 11 lomba yang diikuti. Meliputi musabaqah syarhil quran yang diikuti Ibnu Hunais, Imsan dan Bunyamin. Lalu debat kandungan Al quran dalam bahasa Inggris diikuti Ari Sihad Sale dan Miftahul Khaira. Ada lagi musabaqah qiraat sab’ah diikuti Muhammad Adnan Samsuriq, hifzil quran 5 juz dan 10 juz putri oleh Wa Ode Jati Ilmadrajat dan Hafshah dan tilawatil quran oleh Ifantri Nur Solihat.

Selanjutnya, musabaqah karya tulis ilmiah kandungan Alquran diikuti Rizal Suhardiman dan Salma, fahmil quran oleh Muhammad Junaid Azis, Muafif Nur Abdillah dan Nabilah Hanun. Ada lagi, musabaqah khaththil quran oleh Muhammad Fadhil Farras, musabaqah tartil quran diikuti Wa Ode Sitti Rochmiatun, musabaqah tilawatil quran putra oleh Ahmad Muhajir Hani dan musabaqah tartil quran putra oleh Ahmad Julianto. “Ke depan, pembinaan akan dimaksimalkan lagi, supaya hasilnya bisa lebih bagus lagi,” imbuhnya. (b/feb)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top