Dikmudora Kendari Pastikan Segera Cairkan TPG – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Dikmudora Kendari Pastikan Segera Cairkan TPG

Sartini Sarita

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari memahami betul para guru sangat berharap tunjangan profesi guru (TPG) segera dicairkan. Untuk itu, Dikmudora mengupayakan usulan pencairan kepada Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Hanya saja, upaya itu baru terealisasi sekira 700 lebih guru dari total calon penerima TPG sebanyak 2.177 guru.

Plt. Kepala Dikmudora Kota Kendari, Sartini Sarita mengaku sudah menugaskan stafnya untuk intens menjalin komunikasi dengan pihak Kemendikbud. Pasalnya, pencairan TPG baru bisa diproses jika surat keputusan (SK) pencairan sudah diterbitkan Kemendikbud. “Kami hanya bisa mengusulkan. Perihal berapa yang dicairkan, itu domain (pemerintah) pusat,” ujar Sartini Sarita saat ditemui usai rapat pemantapan gowes nusantara, Rabu (9/8).

Saat ini, pencairan tahap dua semestinya sudah tuntas. TPG memang dicairkan empat tahap, dan medio Agustus sudah persiapan pencairan tahap tiga. “Soal mengapa belum semua (guru) dapat, sama sekali di luar kewenangan kami. Jelasnya kita sudah upayakan untuk segera,” tambah Sartini Sarita.

Menurutnya Dikmudora hanya mengusulkan guru yang memenuhi persyaratan. Diantaranya lama jam mengajar dalam sepekan. Tentunya guru yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS). “Untuk guru SD, harus memenuhi jam mengajar selama 24 jam seminggu. Sedangkan guru SMP, 24 jam seminggu dihitung sesuai mata pelajarannya. Itu diantara syarat yang lain,” tukas Sartini.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Susanti berharap TPG dapat dicairkan secepatnya. Sebab, apabila dana TPG sekira Rp 87 miliar terlalu lama mengendap di kas daerah maka akan disoroti Kementerian Keuangan (Kemenkeu). “Kalau kelamaan di kas, kita juga ditegur pusat. Jadi kami harap bisa secepatnya dicairkan,” pungkasnya. (m1/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top