Belum Kantongi Izin, Dinas Lingkungan Hidup Wakatobi Desak PT GPW – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Wakatobi

Belum Kantongi Izin, Dinas Lingkungan Hidup Wakatobi Desak PT GPW

ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
Aktivitas PT GPW di Desa Sombu yang diduga belum mengantongi izin penambangan dan penggalian.

KENDARIPOS.CO.ID — Aktivitas PT Golden Prima Wakatobi (GPW) terus disorot. Terbaru, pihak perusahaan telah mendapat teguran lisan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Selain diduga telah melakukan aktivitas penambangan galian C, perusahaan itu belum mengantongi izin prinsip dan tata ruang serta beberapa legalitas lainnya.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Wakatobi, Jamuddin, mengaku, beberapa bulan lalu pihak PT GPW sudah mengurus upaya pengelolaan lingkungan hidup dan upaya pemantauan lingkungan hidup (UPL-UKL). Namun dokumen tersebut hanya untuk izin asphalt mixing plant (AMP).

“AMP itu hanya sebatas pencampuran aspal saja. Tapi kalau sudah melakukan aktivitas penambangan golongan C, belum ada izin prinsip dan tata ruangnya. Bahkan bangunan kantornya pun tak miliki izin pendirian,” ungkap Jamuddin saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (9/8).

Jamuddin mengaku, pekan lalu pihaknya telah memantau salah satu lokasi aktivitas PT GPW di Desa Pomala. Ia menegaskan, aktivitas galian C memiliki prosedur dan regulasi yang diatur dalam tata lingkungan.

“Tidak boleh seenaknya melakukan galian. Kami sudah sampaikan pada pihak perusahaan bahwa ini salah,” sambung Jamuddin. Ia juga telah berkoordinasi dengan pihak Dinas PU dan Penata Ruang Wakatobi untuk persoalan teknis di lapangan. DLH sendiri masih menunggu respon baik dari pihak perusahaan.

“Kami beri solusi agar tidak berurusan dengan hukum. Memang izin itu dikeluarkan pemerintah provinsi tapi harus ada rekomendasi dari kabupaten sebagai lokasi penambangan,” tutup Jamuddin. (c/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top