336 Paket Terlelang di Pemprov Sultra, Efisiensi Anggaran Rp 18 Miliar – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

336 Paket Terlelang di Pemprov Sultra, Efisiensi Anggaran Rp 18 Miliar

Rony Yacob Laute

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 382 paket proyek pengadaan yang diagendakan Pemprov Sultra dalam postur anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) reguler 2017 ini. Namun yang masuk di Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (BPBJP) Provinsi Sultra hanya sekira 339 paket. Dari jumlah itu sudah terpilih pemenang tendernya sebanyak 336 paket dan kini ada yang sudah tuntas dikerjakan. Ada pula yang masih proses pencairan uang muka. “339 sudah tayang, yang belum punya pemenang tinggal 3 saja,” ungkap Rony Yakob, Kepala BPBJP Sultra, Rabu (9/8).

Kata dia, hingga 30 Juli lalu laporan online proses lelang proyek menunjukan tersisa 43 paket yang belum diajukan oleh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) pengelola anggaran. Mantan Pj. Bupati Muna Barat itu mengatakan dirinya belum berani menarget kapan proses lelang itu akan tuntas. Sebab hal itu bergantung pada kesiapan data-data dan dokumen dari setiap SKPD. “Yang paling banyak belum masuk itu dari PU. Karena mereka biasanya lama pada aspek perencanaan dan desain,” tambahnya.

Hal menarik dalam proses lelang itu lanjut dia adalah pemerintah mampu melakukan efisiensi anggaran sebesar Rp 18 miliar lebih. Bahkan masih berpeluang bertambah dari sisa proyek belum terlelang. Dana itu akan masuk dalam APBD-Perubahan yang akan diserahkan pekan depan oleh Pemprov.

“Sampai tanggal 30 Juli kemarin itu efisiensi kita sebesar Rp 18 miliar lebih. Dana itu tidak didapat dari mencari tawaran terendah dalam lelang. Tetapi tetap mengedepankan kualitas tawaran kerja itu. Kita tidak bisa seenaknya memenangkan siapa dan siapa, karena di dalam itu sudah ada pengawas eketernal. Ada kepolisian dan kejaksaan,” tukas Rony Yakob.

Rony berharap SKPD bisa segera menyerahkan dokumen lelang yang masih tersisa. Sebab dalam waktu dekat APBD-P akan segera dibahas sehingga proses lelang baru juga akan dimulai. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top