Riset Dan Jurnal Tidak Tercatat Baik, Mendikti Minta Dosen dan Peneliti Rajin Menulis – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

Riset Dan Jurnal Tidak Tercatat Baik, Mendikti Minta Dosen dan Peneliti Rajin Menulis

KENDARIPOS.CO.ID — Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir melihat ada gejala tidak sehat di dunia akademik kampus saat ini. Para dosen dan peneliti, sudah jarang melahirkan karya-karya tulis berkualitas yang bisa menjadi referensi ilmiah masa depan. Makanya, ia meminta agar dosen dan peneliti untuk rajin menulis.

“Ini sudah ada SINTA versi 2.0. Saya harapkan dosen dan peneliti yang belum terdaftar bisa mendaftar online di sini agar jurnal/publikasinya bisa tercatat otomatis,” kata Menteri Nasir. Dia menyebutkan, pada 2014, publikasi internasional Indonesia sangat menyedihkan. Hasil riset dan jurnal tidak tercatat baik. Para peneliti dan dosen pun malas menulis maupun melakukan riset.

Tidak mengherankan, jumlah publikasi Indonesia di 2014 hanya 6438. Jumlah ini terus meningkat pada 2015 menjadi 7999. Setelah itu, naik lagi 11865 pada 2016 dan 9501 pada Juli 2017. Menurut Nasir, selain karena adanya Permenristekdikti yang mewajibkan dosen dan peneliti rajin menulis jurnal maupun penelitian, peningkata terjadi karena adanya Science and Techology Index (SINTA).

Selama ini, Indonesia tidak punya SINTA. Sekarang sudah ada versi 2.0 jadi bisa ketahuan siapa penulis jurnal terbanyak dan sedikit. Bagi yang masih malas juga, akan saya umumkan secara terbuka siapa-siapa dosen dan peneliti yang malas menulis. Karena di SINTA ini datanya ada semua kecuali yang belum daftar,” bebernya. (esy/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top