Lama Tuntas, Rusunawa di Buton Baru Dimanfaatkan – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Buton

Lama Tuntas, Rusunawa di Buton Baru Dimanfaatkan

KENDARIPOS.CO.ID — Rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) yang didirikan di sekitar Takawa, kompleks perkantoran Bupati Buton, telah tuntas dibangun sejak tahun 2015 lalu. Sayangnya, fasilitas tersebut justru belum dimanfaatkan. Baru pada Agustus 2017 ini, pemerintah kabupaten (Pemkab) Buton mulai mengizinkan masyarakat menempati hunian tersebut.

Peresmian Rusunawa oleh pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga segera dilakukan. “Sesuai data yang ada, semua kamar sudah terisi. Karena dari 40 kamar yang ada, seluruh kunci telah diambil calon penghuninya,” kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Buton, La Ode Zilfar Djafar saat di temui di ruang kerjanya, Selasa (8/8).

Ia mengaku, pihaknya telah mengusahakan penggunaan Rusunawa tersebut sejak lama. Hanya saja, terjadi miskomunikasi antara Pemkab dan kementerian. “Jauh sebelumnya, kita sudah mengomunikasikan agar pemerintah pusat segera menyerahkan aset tersebut ke daerah. Tapi permintaan kami tidak disikapi. Nanti, bulan ini baru ditindaklanjuti kembali. Ternyata harus ditempati dulu, baru diresmikan, kemudian diserahkan,” terangnya.

Sesuai agenda, Kamis (24/8) mendatang Dirjen Perumahan akan datang ke Buton untuk meresmikan fasilitas tersebut. La Ode Zilfar Djafar menjelaskan, Rusunawa tersebut dibangun melalui anggaran pendapatan dan belanja negara dengan ukuran 3X5 meter tiap unitnya. “Rusunawa ini hanya diperuntukan bagi pegawai di Pemkab Buton, khususnya golongan I dan II yang belum memiliki rumah. Sewa tiap bulan saya belum tahu. Semua masih akan dirumuskan dalam sebuah peraturan daerah,” tandasnya. (c/ahi)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top