Perkenalkan Tahapan Pemilu, KPU Ajak Siswa jadi Pemilih yang Cerdas – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Politik

Perkenalkan Tahapan Pemilu, KPU Ajak Siswa jadi Pemilih yang Cerdas

Komisioner KPU Kota Kendari, Asril saat membawakan materi kepada siswa calon pemilih pemula.

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan serentak 2018 akan segera bergulir. Di Sultra, akan dihelat pemilihan gubernur (Pilgub) dan pemilihan kepala daerah di dua kabupaten dan satu kota. Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai melakukan persiapan. Salah satunya memperkenalkan tahapan pemilihan umum kepada para calon pemilih pemula.

KPU menggelar sosialisasi tahapan pemilihan serentak bagi pemilih pemula, di Hotel Plaza Inn Kendari, Selasa (8/8/2017). Kegiatan tersebut dihadiri puluhan siswa dari 20 sekolah di metro ini bersama guru pendampingnnya. Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Kendari, Asril mengatakan, tahapan Pemilu serentak bagi pemilih pemula sangatlah penting untuk diketahui. Hal itu guna memberikan edukasi politik sekaligus pemahaman budaya politik

Komisioner KPU Kota Kendari, PAW Abdul Wahid Daming itu menjelaskan, potensi pemilih pemula sangat besar. Baik secara kuantitas maupun kualitas dalam memilih calon pemimpin kedepan. Pada Pilkada 2014 lalu sebanyak 40 persen suara pemilih pemula, dan tentu perkembangan saat ini juga akan besar. Sehingga, dengan kuota sebesar harus betul-betul dimanfaatkan untuk menentukan masa depan siapa pemimpin kedepannya. “Sehingga, pendidikan Pemilu penting untuk menentukan kualitas Pemilu itu sendiri. Khususnya pemilih pemula dalam memberikan hak suaranya di Pilkada 2018 nanti,” jelasnya.

Kata dia, pemilih pemula adalah remaja yang telah mencapai umur 17 tahun atau sudah/pernah menikah. Kemudian, berdomisili di wilayah daerah pemilihan yang dibuktikan dengan KTP elektronik atau surat keterangan yang diterbitkan disdukcapil. Serta, terdaftar dalam daftar pemilih yang ditetapkan KPU. Karakterisitiknya juga adalah mandiri, kritis dan lainnya. Olehnya, semua pihak termasuk KPU bertanggung jawab terhadap arah berdemokrasi pemilih pemula ini.

Siswa SMAN 9 Kendari, Miftahul mengungkapkan, pada setiap Pemilu yang disimaknya banyak sekali money politic. Sehingga, dirinya pun merasa was-was jangan sampai menjadi sasaran oknum yang ingin memanfaatkan dirinya yang merupakan pemilih pemula. Sementara itu, Ketua KPU Kota Kendari, Ade Suerani mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka menghadapi Pilkada 2018. Penting kiranya tahapan pemilihan dan perkenalan kepada pemilih pemula tentang berdemokrasi itu. “Saya kira persiapan Pilgub sudah mulai. Bahkan pemilu 2019 juga persiapan saat ini Agustus terhitung 20 bulan sebelumnya,” kata pengganti Hayani Imbu ini. (wan/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top