Ingat ! Idul Adha, Dilarang Kurbankan Ternak Produktif – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Ingat ! Idul Adha, Dilarang Kurbankan Ternak Produktif

ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Idul Adha masih sebulan lagi. Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kota Kendari mulai mewanti-wanti kepada masyarakat agar tidak berkurban dengan hewan ternak produktif. Distanak pun akan memantau menjelang lebaran Idul Adha nanti.

Imbauan tidak berkurban ternak produktif itu sudah sesuai dengan program Kementerian Pertanian, yakni upaya khusus percepatan populasi sapi dan kerbau bunting (UPSUS SIWAB) yang tertuang dalam Peraturan Kementerian Pertanian Nomor 48 tahun 2016. “Kita akan pantau lima hari jelang Idul Adha, jangan sampai masyarakat berkurban dengan sapi betina produktif. Kami harap masyarakat memperhatikan ini,” ujar Siti Ganef, Kepala Distanak Kota Kendari, Selasa (8/8).

Dikatakannya, larangan berkurban dengan ternak produktif ditujukan untuk menjaga keberlangsungan produksi ternak khususnya sapi dan kerbau. Distanak akan melakukan pengawasan di titik pemotongan hewan dan lokasi penjualan hewan kurban. “Kami akan koordinasikan pengawasannya dengan instansi terkait,” ungkapnya.

Ditempat terpisah, Kepala Rumah Pemotongan Hewan (RPH), Samin mengatakan menjelang Idul Adha, permintaan hewan kurban biasanya meningkat. Untuk wilayah Kota Kendari, hewan kurban biasanya di suplai dari wilayah Konawe dan Sulawesi Selatan. “Kalau hari biasa, kami biasanya memotong 20 ekor sapi. Sekarang belum ada kenaikan permintaan, tapi pada Idul Adha itu meningkat dari biasanya,” jelas Samin.

Untuk populasi sapi di Kota Kendari mencapai tiga ribu ekor. Hanya saja, sapi tersebut bukan untuk keperluan komersil, tetapi ternak milik warga yang hanya dimanfaatkan untuk keperluan pribadi. “Jadi tetap harus didatangkan dari luar daerah,” pungkasnya. (Alfin)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top