Berikut Tips Mengatasi Cegukan – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Kesehatan

Berikut Tips Mengatasi Cegukan

KENDARIPOS.CO.ID — Siapa pun pasti pernah mengalami yang namanya cegukan. Seringkali datang secara tiba-tiba, cegukan dapat menyebabkan perasaan yang tidak nyaman di tenggorokan Anda.

Cegukan sendiri adalah kejang yang tidak terduga yang menyebabkan terjadinya space kosong di antara pita-pita suara Anda yang menutup. Hal inilah penyebab dari bunyi aneh itu.

Karena sangat mengganggu, kebanyakan orang pastinya ingin sekali untuk sesegera mungkin menyingkirkan cegukan dengan melakukan banyak cara, seperti menahan napas, minum air putih dan lainnya, namun kerap gagal.

Menurut Michele M. Macomber, M.D., yang memiliki spesialisas terapi trigger-point, untuk menyingkirkan cegukan, kuncinya adalah dengan memberikan sedikit dorongan pada uvula (benda kecil yang menggantung di tenggorokan) Anda.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Sentuh dengan ujung sikat gigi (beresiko)
2. Menelan sepotong roti kering
3. Menelan sesendok penuh gula pasir
4. Meminum segelas air putih dengan posisi terbalik

Namun Macomber mengingatkan untuk berhati-hati, khususnya cara nomor 1. Jika Anda sukses melakukannya, beberapa tips di atas dapat membantu menenangkan reflek kejang pada diafragma.(ruf/fajar)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top