Bangganya La Ode Gurumbi Anaknya Lulusan Terbaik di IPDN – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Bangganya La Ode Gurumbi Anaknya Lulusan Terbaik di IPDN

La Ode Gurumbi memeluk anaknya Yegi

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 2.014 praja muda Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) XXIV tahun 2017 dilantik oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (8/8). Dari ribuan praja yang dilantik itu, putra daerah Bombana, Yegi Wirianto Pratama berhasil menarik perhatian. Sebabnya, dia berhasil menjadi lulusan terbaik dengan IPK 3,86 dan berhak mendapat penghargaan Kartika Pradnya.

Ayah Yegi, La Ode Gurumbi mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas apa yang diraih oleh putra sulungnya tersebut. Menurutnya, capaian anaknya merupakan prestasi atas tekadnya yang selalu ingin menjadi terbaik. “Kainginan saya, sebagai seorang guru kerap kali memberikan masukan kepada anak muridku. Namun disatu sisi saya juga harus membuktikan bahwa apa yang saya ucapkan bisa ditiru oleh banyak orang,” kata Gurumbi disela-sela acara pelantikan praja muda IPDN, (8/8).

Gurumbi menceritakan, keberhasilan Yegi merupakan buah manis atas didikannya sebagai orang tua. Ia mengungkapkan bahwa dalam mendidik anak, sikap demokratis selalu dijunjung tinggi. “Kita dalam kehidupan rumah tangga tidak pernah memaksakan kehendak. Diskusi disertai solusi menjadi pelajaran utama saat mengungkapkan pendapat,” katanya.

Ditanyakan soal harapan kedepan kepada sang anak, Gurumbi menyerahkan sepenuhnya kepada sang anak. Terkait dengan penempatan tugas, Gurumbi mengungkapkan bahwa dimana pun negara membutuhkan tenaga dan pikirannya disitu harusnya berada. “Dia sudah dibesarkan oleh negara. Jadi apapun keputusan negara seharusnya dia (Yegi) hadir untuk membesarkan dan memperjuangkan negara. Jadi tidak ada keinginan, apakah dia harus kembali mengabdi ke daerah atau harus ke daerah terpencil. Dimanapun negara butuhkan disitu harusnya berada,” jelasnya.

Meski begitu, ia pun berharap Yegi masih tetal menambah kapasitas berpikirnya dengan terus menuntut ilmu. “Jika negara masih mau memfasilitasi, saya rasa Yegi siap untuk maju terus. Saya rasa otaknya juga masih mampu, dia masih muda,” katanya.

Sementara itu sang anak saat ditemui mengungkapkan rasa syukurnya atas apa yang diraihnya. Tanpa ada rasa sombong, Yegi mengatakan capain preatasinya tidak terlepas dari doa dan dukungan orang tua, keluarga, sahabat, pengajar, dan seluruh teman-temannya. “Ini semua atas doa dan dukungan mereka semua. Ini adalah langkah awal untuk menghadapi realita kehidupan yang sesungguhnya,” tutur Yegi merendah.

Dilantik oleh Presiden, menurit Yegi merupakan motivasi besar untuk dirinya melangkah maju ke depan. Tak sedikit petuah hebatn yang ia dapatkan dari dosen dan senior selepas keluar dari IPDN. “Ini adalah motovasi besar untuk saya melangkah maju ke depan. Apalagi kata dosen dan senior keadaan diluar sangat jauh berbeda dibanding dengan keadaan di dalam sini (IPDN),” ungkapnya.

1 of 2

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top